Mohon tunggu...
Christie Damayanti
Christie Damayanti Mohon Tunggu... Arsitek - Just a survivor

Just a stroke survivor : stroke dan cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Toei Animation Museum, Sebuah "Negeri Inspirasi" bagi Generasi Muda Dunia

28 Maret 2020   17:32 Diperbarui: 28 Maret 2020   17:47 531
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi pribadi | Toei Animation Museum, dengan Pero Cat dalam Puss in Boots

Sebelum Michelle pindah ke Jepang, aku mana tahu kartun Jepang, manga atau anime? Sama sekali aku tidak tahu, dan sama sekali tidak tertarik untuk mencoba melihatnya.

Aku sudah dicekoki kartun Disney sejak kecil, sehingga kartun Jepang sama sekali tidak ada di hatiku.

Tetapi, ketika Michelle mulai menyukai manga dan anime, dan dia selalu mengajak aku ke toko buku untuk membeli komik Jepang serta buku-buku belajar tentang menggambar manga, sedikit banyak aku menjadi sedikit tertarik.

Apalagi ketika koleksi komik anakku semakin bertambah dan aku sering ngobrol dengan anakku tentang "apa yang dia baca", aku semakin ingin tahu, apa saja yang dibaca. Jadi, kadang-kadang aku mengambil komiknya dan kubaca sekilas, karena komik itu jarang ada kata-katanya. Yang ada hanya gambar-gambar saja, hahaha.

Lalu, setelah dia pindah ke Jepang, jujur aku semakin mengerti mengapa dia berkeras untuk pindah ke sana. Untukku sekarang, Jepang memang merupakan sebuah negeri cantik yang membawa remaja-remaja dunia untuk menggapai impian mereka masing-masing, termasuk anakku.

Lalu, mulailah aku melanglang Jepang, dari kota ke kota. Dari museum ke museum. Dan dari manga ke manga, serta anime. Salah satunya manga dan anime karya Toei Inc.

Dokumentasi pribadi | Aku dengan latar belakang tulisan Museum Toei Animation
Dokumentasi pribadi | Aku dengan latar belakang tulisan Museum Toei Animation
Dokumentasi pribadi | Pintu masuk dan lobby utama museum. Ke museum ini, tidak dipungut bayaran
Dokumentasi pribadi | Pintu masuk dan lobby utama museum. Ke museum ini, tidak dipungut bayaran
   

Dokumentasi pribadi | Pintu masuk dan lobby utama museum. Ke museum ini, tidak dipungut bayaran
Dokumentasi pribadi | Pintu masuk dan lobby utama museum. Ke museum ini, tidak dipungut bayaran
Toei Animation Co., Ltd., yang biasa disebut dengan Toei Animation, adalah studio animasi Jepang yang dikontrol oleh Toei Company. Telah menghasilkan banyak seri, termasuk Sally sang Penyihir, Gegege no Kitaro, Mazinger Z, Galaxy Express 999. Dr Slump, Dragon Ball, Saint Seiya, Sailor Moon, Slam Dunk, Digimon, One Piece dan seri Precure. (Wikipedia)

Aku sendiri tidak tahu satu persatu karya Toei Animtion. Yang aku tahu, salah satu karya Toei Animation adalah "One Piece", salah satu komik berjilid-jilid yang dibeli anakku selama ini. Jadi, aku tahu walau tidak mendalam.

Studio Toei Animation, didirikan oleh animator Kenzo Masaoka dan Zenjiro Yamamoto di tahun 1948. Mereka menciptakan sejumlah serial TV dan film serta mengadaptasi komik Jepang sebagai serial animasi, yang akhirnya popular diseluruh dunia.

Itulah yang membuat Jepang sangat digilai oleh anak-anak muda dunia dan mereka berlomba untuk bisa kesana, kuliah serta tinggal di sana, seperti anakku.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun