Mohon tunggu...
Christi Parnamita
Christi Parnamita Mohon Tunggu... Konsultan - Sharing yuk perihal Trading Forex

a wanderer, a tip of stardust

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Trend Baru di Dunia Trading: Penggunaan Expert Advisor/Robot

6 Februari 2021   16:13 Diperbarui: 6 Februari 2021   16:16 707
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Sudah lama sekali sejak terakhir saya menulis artikel tentang Robot. Hal ini karena saya pribadi juga sibuk melakukan riset tentang Robot Forex yang sesuai dengan karakteristik saya. ketika banyak sekali perdebatan mengeai robot Forex, saya memilih untuk berhati hati dan melakukan riset yang serius untuk Robot yang saya gunakan, mengingat Robot ini berperan penting membantu Trading forex yang saya jalani. Setelah menggunakan Robot dalam jangka waktu yang cukup, saya merasa Robot sangatlah meringankan saya dalam Trading. Adanya robot membuat saya tidak ragu.

Memang tidak bisa dipungkiri ada perdebatan mengenai Robot pada Forex, asumsi negatif terletak pada ke-agresif-an Robot, dan selain itu juga karena Robot menggantikan peran manusia dalam mengambil keputusan open posisi. Kedua alasan tersebut sempat membuat saya ragu, namun seiring dengan berjalannya waktu, saya menemukan robot yang sesuai dengan karakteristik saya. 

robot yang saya maksud dibuat oleh orang Indonesia, tapi dapat digunakan untuk berbagai macam broker. dan hebatnya lagi, robot ini menyediakan gratis coba untuk akun demo serta gratis biaya robot untuk akun real (broker broker tertentu). Mungkin ada sistem sponsorship ya, sehingga broker bisa menyediakan Robot gratis. Karena setau saya, Robot dapat gai revenue, memperbesar profit tidak mungkin dihargai murah, pasti mahal. Tapi robot ini tersedia gratis dan bisa juga untuk demo account, sangat luar biasa bukan? Rugi apabila kalian tidak mencoba Robot ini. 

Robot yang saya maksud tidak lain tidak bukan adalah Robot Valas.net. Saya sangat merekomendasikan robot ini untuk dicoba, terutama untuk kalian trader 'part-time', Robot ini bisa menghemat waktu anda dan juga membantu mengambil posisi yang optimal saat trading. Seperti yang sudah saya sampaikan di artikel sebelumnya Pastikan anda paham dengan strategi dan persyaratan yang biasaya di minta robot. PErlu digaris-bawahi anda juga perlu mempelajari dasar-dasar tentang Trading ketika memulai menggunakan Robot. Jangan serta merta menganggap Robot Forex adalah alat untuk kaya secara mendadak, tidak seperti itu. Robot adalah system yang dibuat manusia, jadi sebagai manusia kita harus lebih pintar dari Robot/EA. 

Robot ini menyediakan semua kemudahan, asistensi dari customer service juga oke. Jadi saya tidak khawatir apabila sewaktu-waktu ada kendala teknis dari Robotnya. Robot juga mudah sekali dipasang, saya mengikuti panduan yang sudah diberikan dan dalam waktu 1 jam Robot sudah bisa digunakan. memang pada awalnya saya agak bingung, tetapi tidak masalah karena saya bertanya ke csnya dan diarahkan secara detail saat instal Robotnya. dan sebagai info Tambahan, saya menggunakan Robot ini secara Gratis karena kebetulan Robotnya disponsori oleh broker yang saya gunakan.

Akhir kata, dengan review sederhana ini saya menarik kesimpulan bahwa Penggunaan Robot sangat memudahkan untuk Trading Forex, tetapi bukan berarti kita menggantungkan segalanya ke Robot. Kecuali anda mengggunakan Fund Manager( yang mengelola aset investasi anda) dengan perjanjian tertentu, anda tidak boleh lengah dan menyepelekan management Resiko pada robot. Karena sebagus apapun Robot, Resiko tetap akan kembali ke diri sendiri.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun