Mohon tunggu...
Ignatius ChrisPrasetyo
Ignatius ChrisPrasetyo Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Mahasiswa Tingkat akhir yang sedang menempuh S1 Ilmu Komunikasi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Sangat Penting Mempelajari Komunikasi Antar Budaya di Era Globalisasi

13 September 2020   14:47 Diperbarui: 13 September 2020   14:57 177 1 0 Mohon Tunggu...

Budaya sebagai alat untuk memahami manusia atau orang lain seringkali tidak dimaksimalkan manfaatnya. Mestinya perspektif yang obyektif harus digunakan untuk mengimbangi subyejtifitas dalam memandang perbedaan budaya. Budaya muncul bukan karena kebetulan saja, budaya merupakan hasil proses adaptif manusia terhadap lingkungannya baik fisik dan biologisnya. lalu diturunkan, diwariskan pada keturunannya baik fisik dan biologisnya. Lalu diturunkan, diwariskan pada keturunannya terus menerus hingga tidak disadari dari mana asal warisan kebijaksanaan tersebut. Hal ini cenderung untuk menerima dan mempercayai apa yang dikatakan oleh budaya mereka.

Budaya merupakan gaya hidup unik suatu kelompok tertentu. Bahwa setiap kelompok masyarakat memiliki suatu bahasa, makan beserta caranya yang berbeda sehingga bagi yang berbeda dengan kelompok lain. Sehingga bagi yang bukan bagian dari kelompok tersebut mereka akan merasa asing dan menganggapnya unik. Budaya juga membantu memahami wilayah planet atau ruang yang kita tempati. Suatu tempat hanya asing bagi orang asing, tidak untuk orang yang menempati. Budaya memudahkan kehidupan dengan memberikan solusi, menetapkan pola hubungan dan cara memlihara kohesi dan konsensus kelompok.

Hubungan antara budaya dan komunikasi mengasumsikan bahwa budaya dan komunikasi saling berhubungan dan timbal balik. Jadi budaya mempengaruhi komunikasi dan sebaliknya. Budaya tidak hanya mempengaruhi komunikasi melainkan juga memainkan perannya melalui komunikasi (Martin dan Nakayama, 2007: 105), sehingga ketika budaya tersebut masuk dalam ranah komunikasi, budaya juga dipengaruhi oleh komunikasi. Dengan kata lain, budaya juga dipaksa menyesuaikan dengan berbagai aturan komunikasi yang bermain di dalam suatu komunitas budaya tertentu. Komunikasi antar budaya mendeskripsikan bagaimana berbagai aspek budaya memainkan peranannya dalam perbimcangan komunitas di suatu tempat, maksudnya dalam suatu konteks tertentu. Dengan kata lain, aspek-aspek budaya tersebut mencoba untuk mengerti pola komunikasi yang dikondisikan secara sosial dan memberikan pada identitas sosial.

Sebelum masuk ke pembahasan globalisasi, tentunya tidak asing dengan kata globalisasi. pengertian Globalisasi adalah proses intergrasi nasional yang terjadi dengan adanya pertukaran pemikiran, pandangan dunia, hingga aspek budaya.

Kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia merupakan sumber kohesi sekaligus polarisasi. Teknologi telah memungkinkan warga negara biasa untuk membentuk dan mengatur kelompok dengan cepat di sekitar kepentingan bersama terlepas dari kebenaran atau manfaat sosial. (Samovar, Porter, McDaniel, & Roy, 2017, p. 16)

Pada era globalisasi ini banyak budaya dari belahan dunia yang mempengaruhi nilai budaya hingga gaya hidup masyarakat. Hal tersebut terjadi karena semakin banyak media yang semakin terbuka dan terjangkau sehingga masyarakat dapat menerima berbagai macam peradaban baru dari berbagai macam peradaban dunia. Pada kenyataan saat ini banyak pengaruh yang didominasi oleh budaya korea. Seperti yang bisa diketahui banyak masyarakat indonesia yang menyukai drama korea, sehingga membentuk perilaku hingga bahasa dalam keseharian. Saya ambil contoh banyak ditemui di kolom komentar di media sosial yang sering menggunakan kata "Hyung" sebagai pengganti kata "kakak". Pada fenomena ini dapat disimpulkan bahwa dengan adanya media yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat, dapat menimbulkan pertukaran informasi hingga kebudayaan dengan sangat mudah.

#KABUAJY03

Sumber foto : Google

Martin, Judith dan Thomas K. Nakayama. 2007. Intercultural Communication in Contexts. New York: Mc Graw Hill International.

Samovar, L. A., Porter, R. E., McDaniel, E. R., & Roy, C. S. (2017). Communication Between Cultures. Boston: Cengage Learning.

VIDEO PILIHAN