Mohon tunggu...
charles dm
charles dm Mohon Tunggu... Freelancer - charlesemanueldm@gmail.com

Verba volant, scripta manent!

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

3 Tim Melaju dan 2 Dipastikan Tersingkir, Begini Skenario Perebutan 13 Tiket Terakhir ke 16 Besar

29 November 2022   18:59 Diperbarui: 29 November 2022   19:17 285
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Marcus Rashford dan Phil Foden menjadi andalan Inggris di matchday ketiga fase grup Piala Dunia 2022: AFP/Paul Ellis via Komaps.com

Pesta bola di Qatar sudah berjalan delapan hari. Masing-masing dari 32 negara peserta yang terbagi dalam delapan grup (A-H) sudah bermain dua kali.

Duel antara Uruguay kontra Portugal yang berakhir 2-0 untuk kemenangan tim yang disebutkan kedua, Selasa (29/11/2022) dini hari WIB di Lusail Stadium adalah penutup matchday kedua.

Dilanjutkan matchday ketiga pada hari yang sama. Tepatnya sejak Selasa (29/11/2022) pukul 20:00 WIB. Dibuka dua pertandingan penghabisan dari Grup A antara tuan rumah Qatar versus Belanda dan Ekuador kontra Senegal.

Seperti kita tahu, ini merupakan laga penentu nasib para kontestan di Piala Dunia 2022. Dua tim teratas akan melanjutkan kiprahnya ke babak 16 besar. Dua tim terbawah harus rela angkat koper.

Menariknya, baru lima negara yang statusnya sudah diketahui. Tiga negara sudah dipastikan melaju. Dua negara lainnya tidak lagi memiliki kesempatan untuk lolos.

Prancis yang memuncaki Grup D, berikut Brasil di Grup G, dan Portugal di Grup H tidak akan terpengaruh dengan hasil di laga ketiga. Dengan poin sempurna dari dua laga, mereka hanya perlu memastikan status kelolosan entah sebagai jawara atau runner-up grup.

Nasib nahas dialami tuan rumah yang menjadi tim pertama yang tersingkir. Qatar kalah beruntun masing-masing 1-3 dari Senegal dan 0-2 dari Ekuador di partai pembuka. Jejak Qatar diikuti Kanada di Grup F.

Bermaterikan para pemain muda, Kanada sebenarnya tampil impresif. Hanya saja, gelora semangat mereka tidak terkanalisasi untuk bermain lebih efektif dan efisien. Akibatnya, takluk satu gol tanpa balas dari Belgia dan menyerah 1-4 dari Kroasia tiga hari berselang.

Meski begitu, kelima tim itu tetap memiliki alasan untuk bertarung di laga ketiga. Di satu sisi, ini menjadi pertaruhan nama baik sekaligus kesempatan meraih poin terakhir sebagai kado "pulang kampung."

Di sisi berbeda, laga-laga yang mereka jalani akan menentukan hasil akhir persaingan di masing-masing grup. Kecuali tiga tiket ke fase "knock out" dari Grup D, Grup G, dan Grup H, selebihnya akan ditentukan di pertandingan terakhir. Dengan kata lain, masih ada 13 tempat di babak gugur yang diperebutkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun