Mohon tunggu...
Charisa Sheralyne
Charisa Sheralyne Mohon Tunggu... Freelancer - Hi everyone, my name is Charisa.

Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Tulisanmu Akan Menjadi Lebih Baik dalam Media Online dengan Memperhatikan Prinsip-prinsip Ini!

14 September 2021   21:01 Diperbarui: 15 September 2021   14:45 91 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ada banyak platform sosial media yang memungkinkan kamu untuk terus terhubung dengan dunia tanpa terhalang ruang dan waktu, seperti Blog, Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebagainya. 

Tapi apakah tulisanmu dalam media online tersebut sudah cukup baik?... Sebaiknya kamu perhatikan dulu prinsip-prinsip penulisan yang baik dalam media online berikut, mungkin saja tulisanmu masih perlu untuk diperbaiki!.

Menurut Carroll (2010, h.7-13) dalam bukunya yang berjudul "Writing for Digital Media", prinsip penulisan yang baik sangat penting tanpa bergantung pada media maupun audiens tertentu. Adapun prinsip-prinsip penulisan yang baik menjadi dasar untuk para penulis memahami proses mulai dari memproduksi, merevisi, hingga mengevaluasi tulisan-tulisannya. 

Prinsip penulisan yang baik tersebut ialah:

1. Singkat

Tulisan yang baik harus jelas dan ringkas. Pembaca hanya perlu alasan kecil untuk berhenti membaca terlebih secara online.

2. Tepat

Gunakan kata yang tepat untuk memaknai maksudmu, hindari penggunaan kata yang dekat atau mungkin terdengar dekat. Sebaiknya kamu selalu dekat dengan kamus ataupun thesaurus

3. Aktif

Perbanyak penggunaan kalimat aktif dalam tulisanmu. Hindari kalimat pasif yang akan memberikan kesan tidak bernyawa pada tulisan. 

4. Imaginatif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan