Mohon tunggu...
Chafiz Ramadan
Chafiz Ramadan Mohon Tunggu... mahasiswa

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Manfaat Multimedia sebagai Solusi Pembelajaran di Era New Normal dengan Menggunakan Metode Bleanded Learning

14 Agustus 2020   17:54 Diperbarui: 14 Agustus 2020   18:27 42 0 0 Mohon Tunggu...

seperti yang kita ketahui saat ini upaya setiap negara di dunia dalam menagulangi penyebaran virus covid 19 terus dilakukan, oleh karenanya pemerintah lebih jelasnya mentri kesehatan bapak RI dr. Terawan Agus Putranto menerbitkan Keputusan mentri nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Sejumlah Kementerian dan Lembaga negara telah menindakalnjutinya dengan sejumlah peraturan yang diberlakukan untuk wilayah dan lingkungan pekerjaannya, termasuk untuk aktivitas perekonomian, keagamaan dan Aparatus Sipil Negara.

Sementara untuk dunia pendidikan seperti yang diungkapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menetapkan Tahun Akademik 2020/2021 di perguruan tinggi tetap dimulai pada Agustus 2020. Meskipun demikian, ia menegaskan bahwa pembelajaran di jenjang pendidikan tinggi ini tetap dilaksanakan secara daring.

Seperti yang kita jalani saat ini Berbagai aplikasi digital sudah ditawarkan, mulai yang gratis hingga berbayar. Banyak aplikasi digital yang dijadikan alternatif solusi sebagai media pembelajaran daring, misalnya Zoomcloud Meetings, Googlemeet, Teamlink, learning management system (LMS), Googleclassroom, WhatsApp (WA) dan lain-lainya. Sebagai sebuah model pembelajaran di masa new normal, pembelajaran online, offline, dan blended learning, sejatinya tidak bisa pastikan bahwa model yang satu lebih baik dari pada model yang lain. Semua dapat dikategorikan sama baiknya, asalkan diterapkan secara tepat dan sesuai dengan keadaanya.

apa itu Blended Learning?

Adalah Salah satu metode pembelajaran yang cocok digunakan untuk saat ini adalah metode blended learning. Blended Learning adalah pola pembelajaran campuran antara pembelajaran di kelas atau face to face dan online atau webinar, LMS. Namun untuk saat pandemi ini yang digunakan adalah metode online dengan memanfaatkan multimedia baik sinkron /synchronous dan asinkron /asynchronous.

Apa itu pembelajaran sinkron?

Contoh online learning sinkron adalah obrolan online dan konferensi video. Setiap alat pembelajaran real-time, seperti pesan instan yang memungkinkan mahasiswa dan dosen untuk bertanya dan menjawab pertanyaan dengan segera, adalah pembelajaran sinkron. Daripada belajar sendiri, mahasiswa yang mengikuti pembelajaran sinkron dapat berinteraksi dengan mahasiswa lain dan dosen mereka selama pelajaran berlansung.

contonya mungkin sering kita pakai seperti, zoom, whatsaap, learning management system, dan lain sebagainya.

Manfaat utama pembelajaran sinkron adalah bahwa hal ini memungkinkan siswa menghindari perasaan terisolasi karena mereka berkomunikasi dengan orang lain selama proses belajar. Namun, pembelajaran sinkron tidak begitu fleksibel dalam hal waktu karena baik mahasiswa dan Dosen harus menyisihkan waktunya untuk menghadiri sesi pengajaran langsung atau belajar online pada waktu yang sebenarnya. Jadi mungkin tidak ideal bagi mereka yang sudah memiliki jadwal sibuk.

Apa itu pembelajaran asinkron?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN