Mohon tunggu...
chaer ranie
chaer ranie Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Mahasiswi ilmu komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi dan Taktik Public Relations dalam Meningkatkan Citra dan Reputasi Universitas

22 Mei 2023   21:30 Diperbarui: 22 Mei 2023   21:38 263
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam sebuah organisasi atau perusahaan peran dari seorang Public relations penting untuk diperhatikan. Public relations yang merupakan manajeman fungsi komunikasi yang bertugas membangun hubungan baik dengan publik sehinggga akan tercipta citra dan reputasi yang baik.

Memiliki reputasi yang baik penting dimiliki oleh Universitas. Dengan adanya citra dan reputasi yang baik akan mengundang ketertarikan siswa atau calon mahasiswa baru untuk mengetahui lebih lanjut atau bahkan mendaftar di kampus tersebut.

Reputasi yang baik tidak datang begitu saja tanpa adanya usaha dari public relations. Berikut beberapa strategi dan taktik yang dapat dilakukan oleh seorang public relations untuk meningkatkan reputasi universitas.

  • Menjaga hubungan baik dengan stakeholder
  • Stakeholder dari suatu universitas tidak hanya dengan mahasiswa, media, donatur dan lain sebagainya. lingkungan di sekitar wilayah kampus juga dapat dikatakan sebagai stakeholder dari universitas tersebut. Untuk itu penting untuk menjaga hubungan baik dengan 'tetangga' tersebut sehingga universitas tersebut akan dinilai ramah oleh masyarakat sekitar.
  • Manfaatkan media sosial semaksimal mungkin
  • Era teknologi yang semakin maju membuat seorang public relations harus beradaptasi dalam menyampaikan informasi mengenai universitas. Kini informasi tidak hanya disampaikan melalui email atau memanggil wartawan, informasi tersebut dapat langsung diunggah di laman sosial media resmi milik universitas. Unggahan ini harus konsisten agar netizen mengetahui apa yang akan atau telah dilakukan oleh universitas.
  • Melakukan branding universitas
  • Seorang public relations dari sebuah universitas dapat memanfaatkan pusat kesenian seperti teater, taman sains, pusat konferensi untuk upaya melakukan branding dalam rangka meningkatkan reputasi dari universitas.

Selain tiga hal diatas, masih banyak lagi cara-cara atau strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan reputasi universitas. Dengan menerapkan strategi dan taktik yang tepat, universitas akan mempunyai reputasi yang baik dimata publik dan stakeholdernya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun