Mohon tunggu...
Christian Evan Chandra
Christian Evan Chandra Mohon Tunggu... Penulis - Analis aktuaria - narablog

Memiliki kegemaran seputar dunia kuliner, pariwisata, teknologi, motorsport, dan kepenulisan. Saat ini menulis di Kompasiana, Mojok, dan officialcevanideas.wordpress.com. IG: @cevan_321 / Twitter: @official_cevan / Email: cevan7005@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Mudahkan Transaksi Perbankan dengan Teknologi Bank Danamon, Bisa!

28 November 2017   07:50 Diperbarui: 28 November 2017   09:02 1466
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Siapapun Anda, saatnya pegang kendali bersama teknologi perbankan dari Bank Danamon! Gambar diunduh dari www.danamon.co.id dan melalui proses kreatif.

Teknologi memudahkan kegiatan di segala sektor, termasuk perbankan. Transaksi keuangan bisa dilakukan dengan cepat, kapan saja, dan di mana saja dengan perangkat berkoneksi internet. Teknologi ini tak lagi terbatas pada nasabah besar, tetapi juga dimanfaatkan secara luas oleh seluruh lapisan masyarakat.

Salah satu contohnya adalah saya sendiri. Kesibukan padat, tidak sempat bertransaksi melalui teller, tempat tinggal jauh dari ATM, ATM-nya sering rusak atau kehabisan struk, dan gemar memanfaatkan promosi dari toko online. Sedikit terlambat karena menempuh waktu dan jarak, pupuslah sudah potensi berhemat. Bank Danamon sebagai salah satu bank besar di Indonesia cocok untuk saya dan Anda semua yang membutuhkan transaksi perbankan secara mobile. Bank ini terus memperbarui teknologinya untuk menjaga kompetitivitas sekaligus memenuhi kebutuhan nasabah melalui situs korporat, fitur online, dan jejaring sosial.

Situs korporat

Menghabiskan waktu mengantre di kantor cabang, menunggu balasan melalui jejaring sosial, atau mendapatkan jawaban yang tidak memuaskan melalui telepon bukanlah hal yang menyenangkan. Tentu akan lebih baik jika bank menyediakan banyak informasi yang bisa diakses tanpa harus bertanya terlebih dahulu.

Ketika mengakses www.danamon.co.id, saya dengan mudah menemukan berbagai informasi mulai dari kurs valas, suku bunga dasar kredit (SBDK), cabang Bank Danamon, kontak Hello Danamon, sampai jenis produk konvensional dan Syariah untuk nasabah personal maupun bisnis. Tak hanya simpanan, pinjaman, dan jasa perbankan, Bank Danamon juga menawarkan produk asuransi dan investasi.  Menabung untuk kebutuhan dana lancar? Bisa. Berinvestasi untuk memenuhi impian? Bisa. Mempersiapkan hari tua? Bisa. Memaksimalkan peluang bisnis? Bisa. Tampilan situs tergolong simpel dan mudah dioperasikan sekalipun oleh mereka yang tergolong gaptek. Kehadiran gambar membuat pembaca tak bosan dibandingkan jika keseluruhan konten berupa teks dan semuanya bisa diakses dengan cepat sekalipun koneksi internet lambat.

Kurs valuta asing yang tertera di www.danamon.co.id.
Kurs valuta asing yang tertera di www.danamon.co.id.
Alamat Menara Bank Danamon, telepon Hello Danamon, dan email Hello Danamon. Gambar merupakan screenshot dari www.danamon.co.id.
Alamat Menara Bank Danamon, telepon Hello Danamon, dan email Hello Danamon. Gambar merupakan screenshot dari www.danamon.co.id.
Danamon Online Banking

Fitur ini bisa diakses kapan saja dan di mana saja melalui ponsel pintar atau komputer berjaringan internet. Layanannya beragam dan biayanya kompetitif, mulai dari transfer antarbank (online, LLG, atau RTGS) sampai pembayaran tagihan. Keamanannya berstandar internasional dan kode token diperoleh melalui SMS atau perangkat khusus, cocok bagi saya yang sering bepergian hanya dengan membawa ponsel. Mengirim uang, memeriksa kiriman uang, dan berbelanja online menjadi hal yang mudah. Untuk informasi selengkapnya mengenai layanan, biaya, dan merchant yang bekerja sama terkait belanja online bisa dilihat di situs korporat.

Danamon Online Banking, fitur yang ditawarkan, dan biaya yang dibebankan. Gambar merupakan screenshot dari sistem Danamon Online Banking dan www.danamon.co.id.
Danamon Online Banking, fitur yang ditawarkan, dan biaya yang dibebankan. Gambar merupakan screenshot dari sistem Danamon Online Banking dan www.danamon.co.id.
D-Mobile

Pemegang tabungan, giro, atau kartu kredit Bank Danamon dapat bertransaksi dengan mudah melalui aplikasi mobile banking di ponsel pintar. Fiturnya komplit, antara lain informasi saldo, mutasi rekening, transfer dana, informasi dan simulasi produk, pembelian, pembayaran tagihan, membuka rekening online, mencari lokasi ATM atau cabang terdekat, melihat promosi merchant yang bekerja sama, dan transaksi tunai tanpa kartu (D-Cash). D-Cash ini juga bisa diterapkan ketika mengirim uang kepada rekanan di media sosial yang bukan nasabah Bank Danamon untuk ditarik di ATM terdekat melalui program SosMed D-Cash.

Syaratnya simpel, Anda haruslah menggunakan salah satu operator telekomunikasi di Indonesia dan memiliki akses internet untuk bisa mengakses fitur-fitur yang ada. D-Mobile mendukung iOS minimal versi 4.0, Android minimal versi 2.3, dan Blackberry minimal versi 5.0 sehingga Anda tidak perlu membeli ponsel baru. Anda hanya membutuhkan memori sebesar 33MB untuk menginstal aplikasi ini di platform Android.

DMobile, tampilan aplikasi, persyaratan, dan fitur yang ditawarkan. Gambar merupakan olahan kreatif dari screenshot Google Play Store dan www.danamon.co.id.
DMobile, tampilan aplikasi, persyaratan, dan fitur yang ditawarkan. Gambar merupakan olahan kreatif dari screenshot Google Play Store dan www.danamon.co.id.
DCard Mobile

Masih di situs korporat, saya menemukan aplikasi khusus pemegang kartu kredit. Fiturnya antara lain mengakses transaksi secara real time, mengetahui informasi limit dan tagihan kartu kredit, membayar tagihan berbagai layanan, transfer dana limit ke rekening, mengubah transaksi belanja menjadi cicilan, mengajukan perubahan limit kartu kredit, menukar poin reward, dan mengajukan kartu kredit baru. Layanan transfer dana tersedia dengan nilai minimal Rp1 juta dan hanya bisa dimanfaatkan ke rekening Bank Danamon atas nama pemegang kartu kredit terdaftar. Sama seperti online banking, fitur ini juga memiliki validasi transaksi yang aman berupa enam digit mPIN. Hal ini memberikan berbagai kemudahan sehingga :

  • Nasabah tidak perlu menunggu tagihan datang ke rumah untuk mengetahui berapa nilai yang harus dibayar, apakah ada tagihan yang bukan dari transaksinya, dan kapan jatuh temponya.
  • Nasabah tidak perlu khawatir mengalami overlimit karena bisa langsung memantau limit yang tersisa. Jika sedang terdesak dan membutuhkan kenaikan limit, nasabah bisa mengajukannya melalui aplikasi.
  • Nasabah tidak harus menunda kebutuhan yang bersifat mendesak hanya karena tidak memiliki uang tunai yang cukup. Transaksi bisa diubah menjadi cicilan dengan mudah atau memanfaatkan fitur transfer dana ke rekening.
  • Nasabah bisa memenuhi kebutuhan dan keinginannya dengan mengeluarkan uang lebih sedikit setelah membaca promosi merchant yang bekerja sama dengan bank.

Anda bisa menikmati semua fitur ini dengan menyediakan memori hanya sebesar 25MB untuk platform Android.

Tampilan aplikasi D-Card Mobile di Google Play Store.
Tampilan aplikasi D-Card Mobile di Google Play Store.
D-Point

Loyalitas nasabah tabungan dan kartu kredit dalam melakukan aktivitas perbankan begitu diapresiasi Bank Danamon dengan memberikan D-Point yang dapat ditukar dengan berbagai jenis hadiah menarik sesuai kebutuhan. Informasi poin dan katalog hadiah bisa diakses melalui https://dpoint.id dengan memasukkan data yang dibutuhkan. Layanannya memuaskan, dapat hadiah lagi, nasabah semakin senang dan kesetiaannya semakin meningkat.

Keuntungan dan tampilan sistem D-Point. Gambar merupakan screenshot dari dpoint.id dan www.danamon.co.id.
Keuntungan dan tampilan sistem D-Point. Gambar merupakan screenshot dari dpoint.id dan www.danamon.co.id.
Danamon Whistleblowing Service

Ketika menjelajahi situs korporat, saya menemukan tautan ke sistem WBS, yaitu https://danamon-wbs.tipoffs.info. Di sini, Anda dapat melaporkan pelanggaran oleh pegawai bank untuk ditindaklanjuti dengan tegas. Sistem dikelola secara profesional dan independen oleh PT Deloitte Konsultan Indonesia sehingga laporan tak akan diabaikan. Anda juga memiliki hak untuk membuka atau menyembunyikan identitas Anda.

Bank Danamon peduli terhadap layanan pegawainya kepada nasabah dengan membuka sistem pengaduan berbasis teknologi. Gambar merupakan screenshot dari sistem Danamon Whistleblowing Service.
Bank Danamon peduli terhadap layanan pegawainya kepada nasabah dengan membuka sistem pengaduan berbasis teknologi. Gambar merupakan screenshot dari sistem Danamon Whistleblowing Service.
Akun media sosial

Media sosial telah menjadi hal wajib untuk banyak orang dan memudahkan komunikasi secara cepat dan hemat. Sejauh ini, saya telah mengunjungi akun Bank Danamon di Instagram, Facebook, dan Twitter. Akun Facebook @DanamonIndonesia, akun Instagram @myDanamon, dan akun Twitter @danamon digunakan untuk memberikan informasi terkait layanan, produk, dan promosi yang dilakukan, sedangkan akun Twitter @HelloDanamon digunakan untuk melayani pertanyaan serta keluhan nasabah. Bank Danamon mengemas akun media sosialnya dengan ilustrasi yang kreatif, informatif, dan menarik perhatian. Oh iya, di luar ketiga jejaring sosial ini, masih ada satu jejaring sosial lain yang juga digunakan oleh Bank Danamon yaitu LinkedIn. Jika Anda penasaran, Anda bisa mengaksesnya sendiri.

Teks, grafis, dan video untuk menyampaikan informasi dan menangani keluhan nasabah Bank Danamon melalui jejaring sosial. Gambar merupakan screenshot dari Facebook, Twitter, dan Youtube Bank Danamon.
Teks, grafis, dan video untuk menyampaikan informasi dan menangani keluhan nasabah Bank Danamon melalui jejaring sosial. Gambar merupakan screenshot dari Facebook, Twitter, dan Youtube Bank Danamon.
Tak hanya informatif, tetapi juga kreatif dan melibatkan ide gambar bersambung untuk menarik perhatian pengunjung akun Instagram Bank Danamon.
Tak hanya informatif, tetapi juga kreatif dan melibatkan ide gambar bersambung untuk menarik perhatian pengunjung akun Instagram Bank Danamon.
Akun YouTube

Bank Danamon memiliki akun YouTube yang berisi koleksi iklan televisi, informasi produk, mars, dan kegiatan perusahaan. Hal ini sangatlah wajar mengingat masyarakat zaman sekarang khususnya generasi muda sudah mulai meninggalkan televisi untuk video streaming di ponsel dan komputer masing-masing sehingga Bank Danamon tidak boleh tertinggal.

Rekeningnya bebas biaya administrasi

Fitur e-channels seperti ini bisa Anda gunakan tanpa perlu membayar biaya administrasi rekening setiap bulannya. Bank Danamon menyediakan tabungan Danamon Lebih dengan asuransi jiwa gratis senilai Rp100 juta untuk enam bulan pertama dan tabungan FlexiMAX untuk nasabah besar dengan saldo minimum Rp50 juta yang membutuhkan layanan prioritas. Tidak ada perbedaan untuk layanan berbasis teknologi, keduanya bisa mengaksesnya selama 24 jam. Dua produk ini sangat pas untuk menjawab keluhan saya selama ini bahwa saldo tabungan terus terkuras karena biaya administrasinya lebih besar dibandingkan bunga yang diberikan. Layanan melimpah tanpa biaya administrasi semakin membuat Bank Danamon unggul dibandingkan beberapa pesaingnya yang memberikan fitur amat terbatas untuk nasabah tanpa biaya administrasi. Untuk layanan setara, beberapa bank besar lain membebankan biaya administrasi melebihi Rp10 ribu.

Informasi produk rekening Bank Danamon, dilengkapi dengan penjelasan, tabel, dan video yang mudah dipahami. Gambar merupakan olahan kreatif dari screenshot www.danamon.co.id.
Informasi produk rekening Bank Danamon, dilengkapi dengan penjelasan, tabel, dan video yang mudah dipahami. Gambar merupakan olahan kreatif dari screenshot www.danamon.co.id.
Bagaimana, Kompasianers? Mudah dan banyak fiturnya bukan? Bagi Anda yang sedang mencari dan mempertimbangkan bank dengan implementasi teknologi dalam bertransaksi, Bank Danamon adalah pilihan yang tepat untuk mempermudah kehidupan Anda. Sekadar menabung, senang berbelanja, menjalankan kegiatan usaha, semuanya bisa dilakukan dengan mudah jika Anda memegang kendali untuk bertransaksi dalam genggaman. Saatnya pegang kendali, connect to the future with Bank Danamon.

Bank Danamon

Untuk Anda, bisa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun