Teknologi memudahkan kegiatan di segala sektor, termasuk perbankan. Transaksi keuangan bisa dilakukan dengan cepat, kapan saja, dan di mana saja dengan perangkat berkoneksi internet. Teknologi ini tak lagi terbatas pada nasabah besar, tetapi juga dimanfaatkan secara luas oleh seluruh lapisan masyarakat.
Salah satu contohnya adalah saya sendiri. Kesibukan padat, tidak sempat bertransaksi melalui teller, tempat tinggal jauh dari ATM, ATM-nya sering rusak atau kehabisan struk, dan gemar memanfaatkan promosi dari toko online. Sedikit terlambat karena menempuh waktu dan jarak, pupuslah sudah potensi berhemat. Bank Danamon sebagai salah satu bank besar di Indonesia cocok untuk saya dan Anda semua yang membutuhkan transaksi perbankan secara mobile. Bank ini terus memperbarui teknologinya untuk menjaga kompetitivitas sekaligus memenuhi kebutuhan nasabah melalui situs korporat, fitur online, dan jejaring sosial.
Situs korporat
Menghabiskan waktu mengantre di kantor cabang, menunggu balasan melalui jejaring sosial, atau mendapatkan jawaban yang tidak memuaskan melalui telepon bukanlah hal yang menyenangkan. Tentu akan lebih baik jika bank menyediakan banyak informasi yang bisa diakses tanpa harus bertanya terlebih dahulu.
Ketika mengakses www.danamon.co.id, saya dengan mudah menemukan berbagai informasi mulai dari kurs valas, suku bunga dasar kredit (SBDK), cabang Bank Danamon, kontak Hello Danamon, sampai jenis produk konvensional dan Syariah untuk nasabah personal maupun bisnis. Tak hanya simpanan, pinjaman, dan jasa perbankan, Bank Danamon juga menawarkan produk asuransi dan investasi. Â Menabung untuk kebutuhan dana lancar? Bisa. Berinvestasi untuk memenuhi impian? Bisa. Mempersiapkan hari tua? Bisa. Memaksimalkan peluang bisnis? Bisa. Tampilan situs tergolong simpel dan mudah dioperasikan sekalipun oleh mereka yang tergolong gaptek. Kehadiran gambar membuat pembaca tak bosan dibandingkan jika keseluruhan konten berupa teks dan semuanya bisa diakses dengan cepat sekalipun koneksi internet lambat.
Fitur ini bisa diakses kapan saja dan di mana saja melalui ponsel pintar atau komputer berjaringan internet. Layanannya beragam dan biayanya kompetitif, mulai dari transfer antarbank (online, LLG, atau RTGS) sampai pembayaran tagihan. Keamanannya berstandar internasional dan kode token diperoleh melalui SMS atau perangkat khusus, cocok bagi saya yang sering bepergian hanya dengan membawa ponsel. Mengirim uang, memeriksa kiriman uang, dan berbelanja online menjadi hal yang mudah. Untuk informasi selengkapnya mengenai layanan, biaya, dan merchant yang bekerja sama terkait belanja online bisa dilihat di situs korporat.
Pemegang tabungan, giro, atau kartu kredit Bank Danamon dapat bertransaksi dengan mudah melalui aplikasi mobile banking di ponsel pintar. Fiturnya komplit, antara lain informasi saldo, mutasi rekening, transfer dana, informasi dan simulasi produk, pembelian, pembayaran tagihan, membuka rekening online, mencari lokasi ATM atau cabang terdekat, melihat promosi merchant yang bekerja sama, dan transaksi tunai tanpa kartu (D-Cash). D-Cash ini juga bisa diterapkan ketika mengirim uang kepada rekanan di media sosial yang bukan nasabah Bank Danamon untuk ditarik di ATM terdekat melalui program SosMed D-Cash.
Syaratnya simpel, Anda haruslah menggunakan salah satu operator telekomunikasi di Indonesia dan memiliki akses internet untuk bisa mengakses fitur-fitur yang ada. D-Mobile mendukung iOS minimal versi 4.0, Android minimal versi 2.3, dan Blackberry minimal versi 5.0 sehingga Anda tidak perlu membeli ponsel baru. Anda hanya membutuhkan memori sebesar 33MB untuk menginstal aplikasi ini di platform Android.
Masih di situs korporat, saya menemukan aplikasi khusus pemegang kartu kredit. Fiturnya antara lain mengakses transaksi secara real time, mengetahui informasi limit dan tagihan kartu kredit, membayar tagihan berbagai layanan, transfer dana limit ke rekening, mengubah transaksi belanja menjadi cicilan, mengajukan perubahan limit kartu kredit, menukar poin reward, dan mengajukan kartu kredit baru. Layanan transfer dana tersedia dengan nilai minimal Rp1 juta dan hanya bisa dimanfaatkan ke rekening Bank Danamon atas nama pemegang kartu kredit terdaftar. Sama seperti online banking, fitur ini juga memiliki validasi transaksi yang aman berupa enam digit mPIN. Hal ini memberikan berbagai kemudahan sehingga :
- Nasabah tidak perlu menunggu tagihan datang ke rumah untuk mengetahui berapa nilai yang harus dibayar, apakah ada tagihan yang bukan dari transaksinya, dan kapan jatuh temponya.
- Nasabah tidak perlu khawatir mengalami overlimit karena bisa langsung memantau limit yang tersisa. Jika sedang terdesak dan membutuhkan kenaikan limit, nasabah bisa mengajukannya melalui aplikasi.
- Nasabah tidak harus menunda kebutuhan yang bersifat mendesak hanya karena tidak memiliki uang tunai yang cukup. Transaksi bisa diubah menjadi cicilan dengan mudah atau memanfaatkan fitur transfer dana ke rekening.
- Nasabah bisa memenuhi kebutuhan dan keinginannya dengan mengeluarkan uang lebih sedikit setelah membaca promosi merchant yang bekerja sama dengan bank.
Anda bisa menikmati semua fitur ini dengan menyediakan memori hanya sebesar 25MB untuk platform Android.
Loyalitas nasabah tabungan dan kartu kredit dalam melakukan aktivitas perbankan begitu diapresiasi Bank Danamon dengan memberikan D-Point yang dapat ditukar dengan berbagai jenis hadiah menarik sesuai kebutuhan. Informasi poin dan katalog hadiah bisa diakses melalui https://dpoint.id dengan memasukkan data yang dibutuhkan. Layanannya memuaskan, dapat hadiah lagi, nasabah semakin senang dan kesetiaannya semakin meningkat.
Ketika menjelajahi situs korporat, saya menemukan tautan ke sistem WBS, yaitu https://danamon-wbs.tipoffs.info. Di sini, Anda dapat melaporkan pelanggaran oleh pegawai bank untuk ditindaklanjuti dengan tegas. Sistem dikelola secara profesional dan independen oleh PT Deloitte Konsultan Indonesia sehingga laporan tak akan diabaikan. Anda juga memiliki hak untuk membuka atau menyembunyikan identitas Anda.
Media sosial telah menjadi hal wajib untuk banyak orang dan memudahkan komunikasi secara cepat dan hemat. Sejauh ini, saya telah mengunjungi akun Bank Danamon di Instagram, Facebook, dan Twitter. Akun Facebook @DanamonIndonesia, akun Instagram @myDanamon, dan akun Twitter @danamon digunakan untuk memberikan informasi terkait layanan, produk, dan promosi yang dilakukan, sedangkan akun Twitter @HelloDanamon digunakan untuk melayani pertanyaan serta keluhan nasabah. Bank Danamon mengemas akun media sosialnya dengan ilustrasi yang kreatif, informatif, dan menarik perhatian. Oh iya, di luar ketiga jejaring sosial ini, masih ada satu jejaring sosial lain yang juga digunakan oleh Bank Danamon yaitu LinkedIn. Jika Anda penasaran, Anda bisa mengaksesnya sendiri.
Bank Danamon memiliki akun YouTube yang berisi koleksi iklan televisi, informasi produk, mars, dan kegiatan perusahaan. Hal ini sangatlah wajar mengingat masyarakat zaman sekarang khususnya generasi muda sudah mulai meninggalkan televisi untuk video streaming di ponsel dan komputer masing-masing sehingga Bank Danamon tidak boleh tertinggal.
Rekeningnya bebas biaya administrasi
Fitur e-channels seperti ini bisa Anda gunakan tanpa perlu membayar biaya administrasi rekening setiap bulannya. Bank Danamon menyediakan tabungan Danamon Lebih dengan asuransi jiwa gratis senilai Rp100 juta untuk enam bulan pertama dan tabungan FlexiMAX untuk nasabah besar dengan saldo minimum Rp50 juta yang membutuhkan layanan prioritas. Tidak ada perbedaan untuk layanan berbasis teknologi, keduanya bisa mengaksesnya selama 24 jam. Dua produk ini sangat pas untuk menjawab keluhan saya selama ini bahwa saldo tabungan terus terkuras karena biaya administrasinya lebih besar dibandingkan bunga yang diberikan. Layanan melimpah tanpa biaya administrasi semakin membuat Bank Danamon unggul dibandingkan beberapa pesaingnya yang memberikan fitur amat terbatas untuk nasabah tanpa biaya administrasi. Untuk layanan setara, beberapa bank besar lain membebankan biaya administrasi melebihi Rp10 ribu.
Bank Danamon
Untuk Anda, bisa