Mohon tunggu...
Celestine Patterson
Celestine Patterson Mohon Tunggu... Hoteliers - Hotelier: Hotel Management, Sales Leader, Management Hospitality

🍎Hotelier's Story : Pernak-Pernik Dunia Hospitality (Galuh Patria, 2021). Warna-Warni Berkarir Di Dunia Hospitality (Galuh Patria, 2022). Serba-Serbi Dunia Perhotelan by CL Patterson dkk (Galuh Patria, 2023). Admin of Hotelier Writers Community (9 June 2023 - present)

Selanjutnya

Tutup

Trip Artikel Utama

Traveler dan Hotelier

22 September 2020   15:06 Diperbarui: 24 September 2020   11:47 542
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Berlibur pasti kuliner (dokumentasi pribadi)

I love traveling!

Traveling is more than just going to different places, it's something more precious, memorable and fun. It gives time to think, learn, appreciate, memorable memories and explore. We can have fun staying in our home but it is way better adventurous sometimes and discover more about our spectacular world. 

Seperti biasa, sebelum menentukan tempat berlibur pasti kita mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat-tempat favorit yang asyik. Panorama indah, rumput hijau, pepohonan, danau biru, botanical garden, mini hutan, ombak laut, dan masih banyak lagi.

Periksa flight and accommodation ke tempat tujuan. Urusan pesawat amat mudah dilakukan melalui booking online Kemudian sama pentingnya adalah accommodation. Agar masa berlibur kita lebih menyenangkan apalagi memerlukan 3-4 hari pasti diperlukan kamar yang nyaman.

Kenyamanan paling penting. Carilah kamar sesuai budget anda dan memiliki kriteria kebersihan yang prima termasuk kamar mandi, Dua hal itu sudah cukup membuat kita nyaman.

Memilih hotel untuk berlibur memiliki strategi tertentu bagi traveler. Apabila uang berlebih atau memang sudah dianggarkan sesuai budget, pilihlah hotel berbintang 4 -International Chains hotel.

Sebaliknya, bila budget traveling cukup atau pas saja silahkan memilih hotel berbintang 3 -International Chains hotel.

Biasanya penulis menginap di Zest, Batam untuk transit, Double Tree-Hilton (Kuala Lumpur). cukup terjangkau.

Bagaimana memilih hotel sesuai harapan untuk berlibur?

1. Baca comment di Travel Advisor

Baca comment-comment yang berhubungan dengan hotel yang dituju. Pelajari secara detail bagian comment buruk hingga terburuk.

Jika kita meragukan hotel ini tak sesuai yang diinginkan, carilah hotel lain. Lebih baik kita berlambat-lambat daripada tak selamat. No need to rush!

2. International Chains Hotel brand 

Setiap traveler pasti ingin mendapatkan hotel yang murah, bersih dan bagus. Hotel berbintang 3 -International Chains Hotel, hotel yang cocok untuk ber-solo traveling.

Jika bersama keluarga, lebih memilih hotel berbintang 4 -International Chains Hotel.

Apabila kita sering ber-solo traveling, akan lebih menyenangkan. Segala sesuatu dapat diurus dan diatur seorang diri serta memutuskan untuk memilih tempat tujuan ke mana kita pergi dengan 'go show, bersantai dengan waktu tanpa tergantung pasangan atau grup.

Sebaliknya, melancong bersama keluarga atau grouping, waktu bersenang-senang harus disesuai keputusan bersama. Sekali waktu Anda sempatkan ber-solo traveling. that's more than fun! 

Sebagai traveler, paling tidak saya concern mengenai safety dan security hotel.

Apalagi jika kita ber-solo traveling memerlukan tempat yang aman bagi seorang wanita. Seluruh bangunan hotel di manapun memang harus sudah memenuhi standar keselamatan. Choose the best for you.

Hotels group di bawah International branded walau hotel berbintang kecil lebih memperhatikan fasilitas keselamatan para tamu secara ketat, disiplin dan cermat.

Pengalaman bergabung dengan Starwood Inc, membuktikan betapa Management Hotel ini memprioritaskan hal tersebut.

3. Booking kamar untuk satu malam terlebih dahulu

Bila anda ragu terhadap hotel yang akan anda booking, jangan putuskan untuk menginap selama 2 malam atau lebih dari itu di hotel itu, sebab kita akan experiencing terlebih dulu apakah nyaman atau tidak, sesuai dengan harapan atau tidak?

Hal ini tak merepotkan sebab berlibur adalah waktu relax. Bahkan seringkali hotel hanya untuk bermalam saja, bukan staycation. right?

Suatu hari penulis mencoba booking untuk satu hotel di Penang - Malaysia. Tampak dari foto-foto sungguh elok, tak ada complaint yang berarti. Jauh panggang dari api, the real is worse, nyatanya jauh dari harapan.

Hotel sangat sepi hanya terlihat 2 tamu padahal high season, dan tak ada kegembiraan sama sekali di hotel ini.

Keceriaan staffs hotel mempengaruhi energi positif setiap tamu. Dampak soft music amat baik untuk membangkitkan kehangatan, gairah hidup, apalagi di masa liburan.

Cobalah menginap hanya satu malam saja dan memilih suasana hotel lain pada hari ke-2, dan ke-3.

Tak perlu kuatir bila tak ada kamar tersedia. Di satu kota atau tempat pasti banyak hotel dan pasti mereka senang menyambut kita.

Sebab itu, pelajari hotel apa saja yang terdapat di kota itu sebelum kita pergi. Ini untuk mendapatkan alternatif hotel.

Bila hotel anda nyaman, tetaplah tinggal sampai anda check-out. Bila fully booked?

No worries, hotel pasti punya cadangan pemesanan. Pencarian hotel dapat melalui TripAdvisor atau online booking seperti Traveloka, Booking,com, Tiket.com, Pegi Pegi dan lainnya.

Berdasarkan pengalaman, seringkali hotel yang kita tuju tak seluruhnya sesuai dengan komentar-komentar bagus yang ditulis traveler.

Kesimpulannya adalah baik menurut seseorang, berbeda halnya menurut standar bagi pelancong lain.

Tak ada satu kesamaan persepsi dari kata 'good yaitu apabila apa yang diharapkan tamu, dalam imaginasinya sesuai yang diharapkan.

4. The best cleanliness hotel 

Mari selalu berpegang pada satu prinsip ke manapun pergi berlibur untuk memilih hotel yang kebersihannya terjaga baik dan sempurna, dan di setiap hotel berkelas umumnya, cleanliness is priority. Mereka sangat berhati-hati untuk yang satu ini. 

Hotel manager selalu berkeliling untuk menghindari foto-foto jahil dari tamu yang berhubungan dengan kebersihan.

Karena itu seluruh pegawai hotel memang terdidik untuk menjaga kebersihan seluruh area hotel dan bukan tanggung jawab Housekeeping department semata.

Sektor pariwisata memang sedang terpuruk, namun akan bergairah kembali pada masanya (dokpri)
Sektor pariwisata memang sedang terpuruk, namun akan bergairah kembali pada masanya (dokpri)

5. Tulis komentar di travel advisor 

Selalu sempatkan memposting comment-comment di TripAdvisor dan Online booking platform setelah traveling.

Hal ini bermanfaat agar comment yang ditulis menjadi pengetahuan bagi mereka yang hendak menginap di hotel tersebut.

Tulislah apa adanya menurut pengalaman, jujur dengan menjunjung etika. Bila baik tulislah hal-hal yang baik, bila comment buruk, sampaikan terlebih dahulu kepada staff hotel - Receptionist atau Duty Manager mengapa kita kecewa.

Pasti mereka mendengarkan, paling tidak, ada kata 'apologize dari Management.

Jika tingkat keluhan lebih serious, biasanya DOSM/Sales leader membantu memecahkan masalah atau Hotel manager (GM) akan menyelesaikannya sendiri.

Dalam 2 hari, comment di TripAdvisor akan dijawab Management Hotel. Hendaknya HM menjawab secara langsung dengan gaya bahasa yang tidak baku seperti auto reply atau draft yang selalu sama dari sang secretary/Marketing Communication, tetapi menjawab dengan gaya komunikasi surat dari tamu terhadap Manager dari Hotel. Sehingga pengirim dan penerima merasakan personal touch dari Management.

Pembaca akan menilai quality of communication dari hotel tersebut.

Sibuk atau tidak, sebaiknya sudah menjadi kewajiban Hotel Manager untuk membalasnya sebab berhubungan dengan image hotel di mata publik.

Hotel ber-brand International Chains melakukannya dengan teliti dalam membalas setiap comment apalagi comment buruk dengan alasan reputasi hotel.

6. Tulis pengalaman Anda di Social Media/Blog/YouTube

Pengalaman yang asyik, sejatinya masukan dalam akun media sosial. Di masa mendatang akan menjadi kenangan terindah bagi kita setelah melihat-lihat kembali foto-foto.

Anak dan cucu akan melihat dan membaca tulisan, photo, video anda, there will be many questions from them.

Anda ingin menjadi legend? mulailah menulis.

Walaupun urusan holiday belum dimulai kembali sejak terakhir perjalanan pada akhir February 2020 lalu, namun impian melancong telah dalam rencana.

Semoga wabah covid-19 cepat berlalu dan kita dapat menikmati kembali masa berlibur. Life without traveling is boredom.

Tulisan ini sebagai pelepas rindu melancong saja. Base on own experience.

Let's having plan,

Berlibur menjadikan kita kekurangan waktu/*dokpri
Berlibur menjadikan kita kekurangan waktu/*dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun