Mohon tunggu...
Ratna Yusmika Dewi
Ratna Yusmika Dewi Mohon Tunggu... Penulis - Mom learner & Momprenuer

Menulis menghempas lelah, senyum merekah menikmati hidup penuh berkah.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Ingat 3T, Menu Masakan Sederhana Tanpa Minyak

8 November 2021   22:42 Diperbarui: 8 November 2021   22:52 216 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ditemani Sambal Terong Bakar untuk Menu 3T

Harga minyak goreng semakin melonjak, membuat ibu rumah tangga memutak otak dan otak atik menu makanan sehari hari yang hemat akan penggunaan minyak goreng. Menu yang mudah serta murah meriah itu salah satu alasaan utamanya.

Menu 3T yaitu tahu, tempe dan terong cocok dan sangat menggugah selera. Selain ramah kantong tahu, tempe dan terong ini sudah mengandung unsur sayur dan protein. Dan berikut ini adalah tips memasak menu 3T tanpa menggunakan minyak goreng.

1. Tahu dan tempe kukus, sambal terong bakar

Cara masak menu ini sangat mudah tahu, tempe bumbui dengan garam ketumbar secukupnya, lalu kukus beberapa menit. 

Langkah kedua, siapkan terong dan bakar di api sedang. Sembari menunggu terong bakar matang, siapkan bumbu untuk sambal terong, seperti bawang merah, cabe dan tomat. Uleg semua bahan sambal mentah tersebut, tambahkan terasi bakar secukupnya. 

Setelah terong matang, penyet ke dalam sambal dan tambahkan daun kemangi secukupnya. Menu 3T versi sambal terong siap disantap 

2. Tahu, tempe dan terong kukus bumbu kuning

Nah, menu 3T selanjutnya dimasak sedikit berkuah masih tanpa menggunakan minyak samasekali. tetap mengandalkan seni mengukus. Tahu, tempe dan terong yang sudah diiris dikukus beberapa menit. Sambil menunggu hingga matang, siapkan bumbu kuningnya. 

Tiga siung bawang merah, dua siung bawang putih, kunyit seruas jari, kemiri cukup tiga biji, mrica, daun sereh dan daun jeruk. Uleg semua bumbu kecuali daun sereh dan jeruk sampai halus. Siapkan panci sedang, tambahkan air sesuai selera lalu masukkan bumbu halus, daun sereh dan daun jeruk. Setelah beberapa menit dan aroma bumbu sudah tercium begitu sedapnya, masukkan tahu, tempe dan terong.  Tambahkan garam, gula secukupmya dan penyedap rasa pengganti vetsin yaitu kaldu jamur merang. Masak sebentar saja, karena sudah dikukus tinggal meresapkan bumbu dengan sayurnya, masakan siap dihidangkan. taburkan bawang goreng juga ya.

3. Tahu, tempe dan terong sambal kecap

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan