Mohon tunggu...
Catherine PresiliaGunawan
Catherine PresiliaGunawan Mohon Tunggu... Lainnya - UAJY Communication 2018

Belajar menulis yuk!

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Penulisan Naskah Digital, Pilihan Mata Kuliah Yang Tepat

16 Desember 2020   18:09 Diperbarui: 17 Desember 2020   09:59 152
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saat ini, saya sedang berada di akhir semester lima jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta konsentrasi Komunikasi Strategis. 

Semester lima merupakan semester di mana saya bisa belajar banyak hal sekaligus bisa mempraktikannya secara langsung, salah satunya saya mendapatkan mata kuliah Penulisan Naskah Digital yang diampu oleh Yohanes Widodo M.Sc. Pada mata kuliah ini, saya diajarkan untuk belajar bagaimana cara menulis digital yang baik dan benar serta menarik perhatian para audiens.

Kemampuan menulis sebenarnya sudah dimiliki sejak berada di sekolah dasar, namun kemampuan tersebut tidaklah cukup untuk kita gunakan di dunia pekerjaan. Kemampuan yang sudah dimiliki perlu diasah dan diperlengkapi seiring dengan perkembangan zaman. 

Begitu banyak hal yang saya pelajari di kelas Penulisan Naskah Digital dari mulai cara-cara menulis digital, belajar membedakan SEO dan SEM, menulis press release, membuat email marketing, menulis surat opini, menulis surat pembaca, membuat naskah iklan, bahkan sampai menjadikan naskah iklan tersebut menjadi suatu bentuk output iklan yang nyata.

Saya sangat mensyukuri mengambil mata kuliah Penulisan Naskah Digital, dikarenakan ilmu yang saya dapatkan sangat berguna kelak bagi masa depan dan cita-cita saya yaitu menjadi seorang Public Relations. 

Seperti yang diketahui tugas seorang Public Relations adalah mengelola informasi dari internal perusahaan kepada masyarakat. Bentuk informasi yang disampaikan tidak hanya bersifat lisan, melainkan juga tulisan. Oleh karena itu, kemampuan menulis yang baik dan benar sangat penting dimiliki oleh seorang PR. 

Selain mendapatkan banyak materi dan praktik, saya juga bisa berbagi ilmu yang saya pelajari melalui tulisan saya di Kompasiana. Menurut saya, saya layak untuk diberi nilai A karena tulisan saya di Kompasiana banyak diminati dan dibaca oleh 4.181 viewers, serta ilmu yang diberikan oleh Bapak Yohanes Widodo M.Sc saya serap dengan baik dan pastinya akan sangat berguna bagi masa depan saya.

Terdapat 6 tulisan yang saya buat di Kompasiana dengan judul sebagai berikut: 

  1. Mengapa Menulis Digital itu Penting? (viewers 323)
  2. Prinsip - Prinsip Menulis Digital? (viewers 509)
  3. Media Analog vs Media Digital (viewers 240)
  4. Bagaimana Cara Mempengaruhi Pembaca Melalui Tulisan Digital? (viewers 587)
  5. Belajar Membedakan SEO dan SEM (viewers 1418)
  6. Lulusan Pascasarjana UAJY Siap Hadapi Tantangan Masa Depan (viewers 1104)
  7. Penulisan Naskah Digital, Pilihan Mata Kuliah Yang Tepat  (viewers 18)

Selain itu juga saya dapat membuat surat pembaca dan surat opini yang kemudian saya kirimkan ke inside.kompas.com dan opini@kompas.com. Namun kedua surat tersebut belum berkesempatan untuk dimuat di kompas.com. Berikut saya lampirkan bukti pengiriman: 

dok. pribadi
dok. pribadi
Sumber: Dokumentasi Pribadi
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun