Mohon tunggu...
Aditiyo Aditiyo
Aditiyo Aditiyo Mohon Tunggu... -

Konsultan untuk Hidup dan Karir Anda

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Pentingnya Memiliki Arah Dalam Pengembangan Karir

27 November 2015   14:52 Diperbarui: 27 November 2015   15:53 29 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pernahkah Anda bangun di suatu hari tanpa tujuan ingin berbuat apa sepanjang hari itu?

Saya pernah, dan pada akhirnya saya ngalor ngidul sendiri gak jelas. Ya memang kalau Anda memiliki kehidupan yang sangat sibuk, lalu ada satu hari dimana Anda benar-benar tidak ingin ngapa-ngapain itu sah-sah saja untuk istirahat.

Lalu, pernah tidak Anda suatu hari bangun, sudah langsung kepikiran misalkan: ingin ke puncak, atau ingin berenang, atau apapun itu. Apa akibatnya pada kelangsungan hari itu? Tentunya Anda akan berusaha untuk mencapai keinginan Anda itu bukan? Kalau yang ingin ke puncak ya pasti akan siap-siap, mau berangkat jam berapa, lewat mana, naik apa. Sehingga pada akhirnya, Anda akan sampai ke puncak.

Dalam karir, memiliki tujuan itu juga sangat penting, agar Anda bersiap-siap, bukan menghabiskan waktu dengan hanya ngalor ngidul saja. Tanyakan pada diri Anda, apa yang membuat diri Anda hidup sepenuhnya dan berbahagia? Set dulu tujuannya, arahnya, karena dengan demikian otomatis Anda akan mencari jalan ke arah itu. Setelah Anda memiliki tujuan, jangan pernah khawatir untuk memutuskan jalan mana yang akan ditempuh. Seperti pergi ke puncak, jangan takut salah, putuskan lewat jalan mana. Jangan kelamaan merencanakan lewat mananya, karena kitapun tidak tahu tiba-tiba ada jalur yang macet?

Selama kita mengarah ke puncak, pasti akan sampai puncak, lewat manapun tidak ada yang salah. Karena kita fokus pada tujuan. Di jaman maju saat ini, kita bisa pakai google map atau waze sebagai alat bantu, dalam karirpun sama, ada juga alat bantunya. Kita bisa memanfaatkan tes kepribadian yang banyak tersedia. Dari tes tersebut kita bisa mengetahui tipe orang seperti apa kita ini. Akan cocok untuk menekuni bidang apa?

Meskipun saya percaya bahwa Anda semua sudah memiliki pengetahuan mengenai diri Anda sendiri, apa yang disuka dan apa yang tidak. Sekali lagi tes ini sebagai alat bantu. Hasil tes yang Anda terimapun dapat berubah seiring berjalannya waktu, bertransformasi dengan bergaul dengan bermacam tipe orang dan mengerjakan hal yang berbeda-beda.

Saya menemukan satu tes menarik yang dapat Anda gunakan secara gratis melalui link ini: http://www.truity.com/test/holland-code-career-test. Tidak ada ruginya anda mencoba, berbeda dengan tes kepribadian lainnya, tes ini dapat mengarahkan pada alternatif bidang profesi yang dapat Anda dalami sebagai pilihan karir Anda.

Saya ingatkan sekali lagi tapi, yang paling tahu tentang diri Anda adalah Anda sendiri, gunakan alat bantu ya sebagai alat bantu Mari, punya tujuan karir dan bangun jalan yang ingin kita lalui untuk mencapainya.

 

 

http://www.careerguideindonesia.com/2015/10/pentingnya-memiliki-arah-dalam-pengembangan-karir/

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan