Mohon tunggu...
Hamdani
Hamdani Mohon Tunggu... Konsultan

Ekspresikan Pikiran Melalui Tulisan

Selanjutnya

Tutup

Analisis Artikel Utama

KPU Tunjuk Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki sebagai Moderator Debat Capres Putaran Kedua

25 Januari 2019   20:12 Diperbarui: 26 Januari 2019   18:05 433 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KPU Tunjuk Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki sebagai Moderator Debat Capres Putaran Kedua
Suasana Debat Capres-Cawapres Putaran 1 | Kompas.com/Garry Lotulung

Debat capres-cawapres ronde kedua akan berlangsung pada 17 Februari 2019 di Hotel Sultan, Jakarta. Debat tersebut akan mengusung tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Pada debat putaran kedua ini akan ada sesuatu yang berubah yakni moderator atau pemimpin acara debat. Jika pada debat pertama pasangan Ira Koesno dan Imam Priyono. Maka pada debat kali ini direncanakan akan dimoderatori oleh Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki.

Meskipun keputusan mengganti moderator sudah diinformasikan namun kepastian ini masih menunggu jawaban dari Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki. Apakah mereka berdua bersedia ataupun tidak. Dalam hal ini KPU masih harus mengkonfirmasi lagi ke yang bersangkutan.

Penetapan moderator debat memang sepenuhnya wewenang KPU berdasarkan Undang-Undang pemilu dan Peraturan KPU. Sehingga kebijakan pergantian moderator dipastikan tidak melanggar aturan apapun. Apalagi dalam proses pemilihan dan penetapan kedua calon moderator tersebut juga dihadiri oleh kedua kubu capres-cawapres.

Ketua KPU RI Arief Budiman dikantornya mengatakan penetapan moderator itu dihadiri perwakilan dua pasangan calon. Paslon 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin diwakili Arya Bima dari PDIP, sedangkan paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno diwakili Priyo Budi Santoso dari Partai Berkarya sebagai masing-masing koalisi kedua kubu.

Isu santer sebelumnya beredar di media jika salah satu calon kuat yang akan menjadi moderator adalah presenter terkenal Najwa Shihab. Namun ternyata batal ditetapkan oleh KPU. Alasan tidak terpilihnya putri Quraish Shihab tersebut tidak diketahui publik.

Namun desas-desus yang berkembang dikalangan netizen sepertinya sosok Najwa Shihab (NS) diragukan independensinya. Kuat dugaan kedua kubu capres cawapres menolak debat kedua dimoderatori NS dan akhirnya terpilih Anisha Dasuki.

Selain Najwa, beberapa nama lain juga masuk dalam bursa moderator debat kedua, di antaranya Rosiana Silalahi dari KompasTV, Alfito Deannova, dan Karni Ilyas dari TVOne.

Kolase Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki (msm.com/kumparan.com)
Kolase Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki (msm.com/kumparan.com)
Hasil penelusuran di wikipedia Anisha Dasuki merupakan seorang jurnalis dan pembawa acara berita berkebangsaan Indonesia. Anisha merupakan alumnus Universitas Katolik Parahyangan Bandung. Ia mengawali karier jurnalistik sebagai pembawa acara berita di stasiun televisi Metro TV, dimana ia membawakan acara Metro Malam, 8-11 Show dan Wideshot. Meskipun kini ia memutuskan pindah ke iNews TV yang merupakan bagian dari MNC group.

Dengan pengalamannya dalam memandu berbagai acara diharapkan Anisha Dasuki bisa membawa acara debat ini berlangsung baik. Karena bagaimanapun kualitas debat juga sangat dipengaruhi oleh kapasitas dan kualitas moderator dalam mengelolanya. Selain itu,  hal yang paling penting harus dijaga oleh para moderator adalah soal netralitas mereka.

Sementara itu Tommy Tjokro merupakan pembawa berita yang pernah bekerja di Metro TV. Namun kini mulai meniti kariernya di iNews TV seperti halnya Anisha Dasuki. Pria kelahiran Jerman tersebut dinilai mampu bertindak netral dalam mengawal debat. Walaupun pemilik iNews TV berafiliasi politik dengan kubu 01.

Harapan ini sebagaimana pula disampaikan oleh juru bicara kubu 02, Andre. Menurut politisi Gerindra tersebut, Tommy dan Anisha merupakan sosok yang netral. Ia menilai keduanya akan membuat debat capres 17 Februari mendatang lebih berkualitas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN