Mohon tunggu...
Candra Permadi
Candra Permadi Mohon Tunggu... Penerjemah - r/n

r/n

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Semifinal Wilayah NBA: Tim-Tim Muda yang Melaju dengan Ciri Khas Masing-Masing

5 Mei 2024   03:37 Diperbarui: 7 Mei 2024   00:03 424
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Doncic, Jokic, SGA, Brunson, Wajah Masa Kini NBA (clutchpoints.com)

Sebagian besar tim sudah menyelesaikan putaran pertama. Tujuh tim dipastikan lolos ke putaran kedua yang lebih dikenal sebagai semifinal wilayah atau saya lebih suka menyebutnya babak perempat final.

Terlepas pertandingan antara Cleveland Cavaliers dan Orlando Magic yang masih sama kuat 3-3 dalam format best of seven di mana kedua tim sejauh ini unggul pada tiap laga kandang, tujuh tim yang sejauh ini lolos merupakan tim-tim yang rataan usia pemain sekilas lebih muda dari lawan-lawan mereka di putaran sebelumnya.  

Sebut saja starter Dallas Mavericks atau New York Knicks yang rata-rata diperkuat para pemain kelahiran pertengahan hingga akhir dekade 1990-an, sementara Los Angeles Clippers dan Philadephia 76ers rata-rata diperkuat para pemain kelahiran awal dekade 1990-an, meski pengalaman di partai playoff jelas lebih banyak.

Komposisi Semifinal Wilayah NBA
Komposisi Semifinal Wilayah NBA

Tidak heran, untuk game ketujuh antara Orlando Magic dan Cleveland Cavaliers (Cavs) kayaknya lebih seru jika Magic yang mencicipi partai perempat final playoff untuk kali pertama, meski partai tersebut diadakan di kandang Cavs, Rocket Mortgage Fieldhouse, selaku tim dengan peringkat lebih baik di babak reguler.


Kebetulan kedua tim sama-sama tim muda yang membangun tim lewat draft. Kebetulan Cavs memulainya lebih dulu dengan mendatangkan Collin Sexton (sekarang bermain untuk Utah Jazz) pada tahun 2018, diikuti playmaker produktif Daris Garland dan defender tangguh Isaac Okoro, serta power forward jangkung Evan Mobley.

Gambaran Postur dan Peran Tim Klasik NBA (Dok Pribadi)
Gambaran Postur dan Peran Tim Klasik NBA (Dok Pribadi)

Cavs sendiri mempercepat kematangan tim muda mereka dengan mendatangkan playmaker merangkap scorer Utah Jazz Donovan Mitchell (2022) dan playmaker merangkap defender Miami Heat Max Struss untuk melayani dua menara kembar mereka Evan Mobley dan Jarett Allen yang sama-sama piawai menutup ruang sejak area tiga angka serta menjadi dinding pemantul bagi para pencetak angka yang luwes bergerak dengan atau tanpa bola.

Ketika salah satu dari dua playmaker utama tersebut rehat sejenak untuk mengambil nafas, Cavs masih bisa menjaga produktivitas mereka dengan memainkan Caris Levert atau Georges Niang.

Kekokohan menara Cavs masih bisa tetap terjaga dengan masuknya forward tangkas Isaac Okoro yang bisa mengisi peran salah satu dari dua menara tersebut atau Dean Wade (yang sayangnya tengah cedera) jika ingin permainan dari area tiga angka lebih hidup.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun