Mohon tunggu...
Yudi Setiawan
Yudi Setiawan Mohon Tunggu... Tentara - Belajar menjadi lebih baik

Semua yang kita miliki hanyalah titipan Ilahi

Selanjutnya

Tutup

Parenting

Psikologis Anak saat Orangtua Harus Berpindah-pindah Tempat

15 September 2022   14:30 Diperbarui: 15 September 2022   14:33 137 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Tuntutan tugas yang harus berpindah pindah membuat orang tua harus membawa anak anak mereka mengikutinya. Perpindahan dari satu tempat ketempat lain menyebabkan kita harus bisa beradaptasi dengan lingkungan baru. Bagi orang tua mungkin bisa beradaptasi dengan cepat, namun untuk anak anak akan membutuhkan waktu yang lebih panjang untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan baru, baik lingkungan tempat tinggal, lingkungan sekolah dll.

Studi yang dilakukan oleh peneliti di University of Virginia menemukan bahwa hal yang paling sering membuat anak stres dan tertekan adalah seringnya orangtua berpindah-pindah rumah. Para ahli menyatakan bahwa anak yang sering pindah rumah, terlebih lagi harus beradaptasi dengan lingkungan baru di berbagai negara pada usia dini akan menyebabkan stres yang cenderung mempengaruhinya pada saat dewasa muda. "Sering pindah rumah akan membuat orang khususnya anak usia dini sulit menjaga hubungan baik jangka panjang dengan orang lain," ujar Dr Shigehiro Oishi, seorang profesor psikologi di University of Virginia, yang memimpin penelitian, seperti dilansir dari Dailymail, Senin (14/6/2010). (detikHealth, "Sering Pindah Rumah Bikin Anak Stres" selengkapnya https://health.detik.com/ibu-dan-anak/d-1377721/sering-pindah-rumah-bikin-anak-stres.)

Hasil dari penelitian tersebut tidak sepenuhnya menjadi acuan fakta, karena perilaku dan hubungan orang tua dengan anak bisa membantu proses adaptasi di tempat dan lingkungan baru. Peran orang tua disini sangat besar, sehingga waktu kebersamaan antara orang tua dan anak harus benar benar berkualitas, sehingga anak anak merasa nyaman dan tidak perlu muncul kekhawatiran meski berada di tempat yang baru.

Hal hal seperti ini seharusnya bisa dijadikan pertimbangan oleh pimpinan dalam hal menempatkan personel atau para pekerjanya. Sehingga dapat mengurangi resiko gangguan psikologis pada anak. Karena anak anak kita adalah aset yang paling berharga bagi keluarga bahkan aset bagi Negara.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan