Mohon tunggu...
Bunga Putri
Bunga Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

college students

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Seberapa Penting Sarana dan Prasarana untuk Menunjang Kualitas Pendidikan?

30 Juni 2022   17:01 Diperbarui: 30 Juni 2022   17:04 58 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Banyak sekali aspek yang bisa dijadikan tolak ukur kualitas suatu instansi pendidikan. Diantara banyaknya aspek itu ada satu aspek yang perlu mendapat perhatikan lebih dan tidak jarang menjadi patokan kualitas suatu instansi pendidikan yaitu sarana dan prasarana. Aspek ini cukup mendapat perhatian karena bisa dibilang sarana prasarana kadang menjadi first impression bagi sebagian orang.  

Sarana biasanya mencakup peralatan dan perlengkapan yang secara langsung dipergunakan dalam menunjang proses pendidikan, misalnya buku, laboratorium, perpustakaan dan sebagainya.

Sedangkan prasarana mencakup fasilitas yang secara tidak langsung, misalnya lokasi/ tempat bangunan sekolah, lapangan tempat bermain, uang dan sebagainya. 

Prasarana pendidikan dapat dikelompokkan dalam empat kelompok yaitu tanah, bangunan, perlengkapan, dan perabot sekolah (site, building, equipment, and furniture). 

Semua fasilitas tersebut perlu dikelola dengan baik agar bisa memberikan manfaat bagi kegiatan belajar mengajar. Manajemen yang dimaksud diantaranya:

(1) Perencanaan

(2) Pengadaan

(3) Inventarisasi

(4) Penyimpanan

(5) Penataan

(6) Penggunaan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan