Mohon tunggu...
Budiman
Budiman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis

Penulis. Menyukai berbagai bidang pekerjaan yang menambah ilmu pengetahuan dan mendapatkan pengalaman.

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana Pilihan

Cerpen || Merangkul Janji Ramadhan

10 Februari 2024   12:15 Diperbarui: 10 Februari 2024   12:17 56
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Suasana Kota Bandung (Sumber: Pixabay.com/hartono subagio)

Di kota Bandung yang ramai, di tengah perbukitan hijau Jawa Barat, penantian datangnya Ramadhan menggantung di udara bagai kabut lembut. Di tengah jalanan yang berkelok-kelok dan pasar yang ramai, hiduplah seorang gadis muda bernama Aulia, yang hatinya dipenuhi harapan dan kegembiraan saat bulan suci semakin dekat.

Aulia selalu menghargai Ramadhan sebagai waktu pembaruan dan pertumbuhan spiritual. Itu adalah bulan introspeksi, pengampunan, dan berkah yang tak terbatas. 

Ketika hari-hari berlalu dan matahari semakin terbenam di cakrawala, dia mendapati dirinya dengan penuh semangat mempersiapkan kedatangan bulan yang penuh berkah, hatinya berdebar-debar karena antisipasi.

Hari demi hari berlalu, Aulia membenamkan dirinya dalam tindakan kebaikan dan amal, bersemangat untuk membersihkan jiwanya dan mempersiapkan diri untuk perjalanan suci ke depan. 

Dia menghabiskan sore harinya menjadi sukarelawan di masjid setempat, menyajikan makanan kepada mereka yang kurang mampu dan mendengarkan mereka yang membutuhkan. 

Di saat-saat tenang di malam hari, dia akan duduk merenung, memohon pengampunan atas pelanggaran masa lalu dan berdoa memohon bimbingan di hari-hari mendatang.

Namun di tengah kesibukan aktivitas dan persiapan, hati Aulia menyimpan harapan yang lebih dalam -- harapan akan persatuan dan keharmonisan antar masyarakatnya. 

Beliau rindu Ramadhan menjadi saat rekonsiliasi dan saling pengertian, saat dimana perbedaan dikesampingkan dan ikatan persaudaraan diperkuat.

Saat bulan sabit pertama Ramadhan muncul di langit, menandakan dimulainya bulan suci, Aulia merasakan kedamaian menyelimuti dirinya. 

Dengan hati yang penuh rasa syukur dan penantian, ia dan keluarganya berkumpul untuk salat Tarawih pertama di bulan itu, suara mereka serempak memuji dan memohon.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun