Mohon tunggu...
Budi Firdaus
Budi Firdaus Mohon Tunggu... -

Dalam sanubari merasa diri bersatu. Kebersamaan melibatkan seluruh eksistensi fokus.

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Mengungkap Potensi Alam Desa Cidatar

18 Februari 2019   23:06 Diperbarui: 18 Februari 2019   23:13 232 1 0 Mohon Tunggu...

  • Prolog

Cidatar adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Cisurupan, kabupaten Garut. Mungkin yang baru mendengar kata "Cidatar" pikiran orang pada struktur alamnya pasti semuanya datar. Walaupun kata Cidatar berasal dari ci 'air' dan datar 'rata', tetapi tidak semuanya benar karena luas 320,13 hektar tersebut terbagi menjadi beberapa konstruk tanah ada yang datar, tinggi, dan rendah.

Mengapa dinamai Cidatar, mungkin nenek moyangnya cikal bakal kampung tersebut berada di jalur jalan yang datar sepanjang kurang lebih 600 meter. Maka dinamai Cidatar dan sekarang keberadaan kantor desa nya berada di jalur jalan raya provinsi Jawa Barat. sedangkan jika kita menyusuri ke wilayah kampung di desa tersebut seperti kampung Sukasenang berada di dataran tinggi, di kampung Cibolang dan Patrol berada di daerah rendah dengan jalan menurun dan berkelok-kelok. 

Desa Cidatar memiliki 1.765 kepala keluarga, penduduknya terdiri atas 3.473 laki-laki dan 3.311 perempuan. Mayoritas penduduknya bermatapencaharian sebagai petani sayur dan peternak sapi perah. Komoditas utama dari hasil pertanian di desa ini adalah tomat, kol, kentang, dan sayuran semusim lainnya. Di samping itu memiliki home industri ciri khas lokal inovatif.

Desa itu menyimpan ragam potensi tentang sektor kehidupan alam desa. Dalam hal ini penulis akan menggambarkan alam desa  yang berada di tengah-tengah alam perkampungan dilihat dari kehidupan masyarakatnya, budaya, keagamaan dan keadaan alam. Semua ragam potensi di desa tersebut penulis akan membidik rancangan wirausaha potensial.

  • Masyarakat Desa Cidatar

Desa Cidatar merupakan salah satu desa yang terletak di kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut. Sebelah timur berbatasan kecamatan Cigedug. Antara kecamatan Cisurupan dan kecamatan Cigedug dibatasi Sungai Cimanuk, sedangkan sebelah barat berbatasan dengan gunung Papandayan (Pangalengan), sebelah utara berbatasan Desa Cisero, dan sebelah selatan berbatasan Desa Cinta Asih. Keberadaan perkampungan desa Cidatar dilalui oleh jalan raya provinsi. Jarak kota Garut ke Desa Cidatar kurang lebih dua puluh satu kilometer.

Mayoritas masyarakat desa Cidatar pada sektor pertanian. Mata pencaharian pertanian meliputi petani, pedagangan hasil bumi, buruh tani, pemilik lahan pertanian. Mata pencarian pertenakan rumah seperti ternak sapi perah, domba, unggas. Untuk penduduk lain sebagian kecil memilih berdagang, pegawai negeri dan swasta, buruh lainnya.

Hasil dari pemetaan sosial yang didapatkan dalam aspek perekonomian bahwa Desa Cidatar mayoritas penduduknya merupakan berpenghasilan menengah kebawah, hanya beberapa saja yang berpenghasilan menengah ke atas di Desa Cidatar ini.

Untuk aspek mata pencaharian di Desa Cidatar mayoritas penduduk berpenghasilan menegah ke bawah merupakan penduduk yang bermata pencaharian sebagai petani, juga ada beberapa yang bermata pencaharian peternak, dan pekerja serabutan. Sedangkan untuk penduduk yang berpenghasilan menengah ke atas bermata pencaharian sebagai PNS dan wiraswasta.

Mayoritas penduduk Desa Cidatar memiliki mata pencaharian sebagai petani, atas dasar tersebut maka Desa Cidatar memiliki banyak lahan pertanian sayur mayur yang terdapat di beberapa tempat, dimana sebagian besar lahan pertanian terdapat di Dusun Sukasenang. Dusun ini berdekatan dengan lahan pertanian gunung Papandayan.

  • Aspek Budaya di Desa Cidatar

Hampir seratus persen penduduk Desa Cidatar adalah suku Sunda. Mereka menggunakan bahasa Sunda dalam percakapan sehari--hari. Bahsa Sunda yang digunakan adalah bahasa Sunda Priangan, yang memiliki ciri kelembutan dalam tutur katanya serta kekhasan dalam cengkoknya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN