Pernah gak sih kamu merasa canggung atau bingung harus merespon gimana saat bosmu sedang marah? terlebih bagi seorang introvert, situasi ini bisa sangat melelahkan dan bikin energi cepat terkuras. Sayangnya, di dunia kerja berhadapan dengan atasan yang sedang emosi adalah hal yang gak dapat dihindari, lho.Â
Sebagai seorang introvert, penting untuk memahami bahwa setiap orang punya cara yang berbeda dalam mengelola emosi dan komunikasi. Termasuk bosmu yang sewaktu-waktu bisa marah besar di tempat kerja. Tapi santai bukan berarti kamu harus diam saja dan pasrah! Ada beberapa tips yang dirangkum dari berbagai sumber yang dapat membantu kamu untuk tetap tenang dan terlihat profesional saat menghadapi bos yang sedang marah. Yuk, simak tips berikut!
1. Tetap kalem dan gak usah panik
Tetap tenang di bawah tekanan adalah kunci utama agar kamu tidak terjebak dalam situasi yang lebih buruk. Dengan mengambil napas dalam dan mengatur emosi, kamu bisa merespons dengan lebih bijak dan profesional. Melansir Chaosfactoryok, ketika menghadapi situasi yang menegangkan, menarik napas dalam-dalam bisa membantu mengurangi rasa panik dan stres. Jika memungkinkan, ambil jeda sebentar sebelum memberikan respons agar kamu bisa berpikir lebih jernih.
2. Tuliskan unek-unekmu
Mengutip Introvertdear, salah satu tantangan terbesar bagi seorang introvert adalah berbicara saat ditekan. Supaya kamu tidak blank saat bos marah, buatlah catatan kecil tentang poin-poin yang ingin kamu sampaikan. Hal itu akan membantumu tetap fokus dan mengurangi rasa cemas saat berbicara. Kamu juga akan terlihat bisa menyusun respons yang lebih terstruktur dan mempertimbangkan kata-kata dengan lebih hati-hati. Pada akhirnya, kamu bisa tetap tenang dan menunjukkan bahwa kepada bosmu bahwa kamu memiliki solusi konkret atas masalah yang terjadi.
3. Dengarkan sampai tuntas amarah bosmu