Mohon tunggu...
Brian ErrandoLimanjaya
Brian ErrandoLimanjaya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa S1 Manajemen Universitas Airlangga angkatan 2021. Menulis berdasarkan pengalaman pribadi saya. Semoga dapat membantu bagi yang membaca artikel saya.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Tips Diterima PTN Melalui UTBK

13 Juni 2022   17:08 Diperbarui: 13 Juni 2022   17:15 157
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Memasuki PTN memang merupakan impian setiap calon mahasiswa baru Indonesia yang baru saja menyelesaikan studi SMA-nya. Namun dengan jumlah PTN yang sedikit dan peminat yang tinggi, PTN melakukan pembatasan kuota terhadap jumlah calon mahasiswa yang diterima. Berdasarkan LTMPT pada tahun 2022, terdapat 800.852 orang yang mendaftar untuk mengikuti UTBK pada tahun 2022. Oleh karena itu, diperlukannya persiapan matang sehingga dapat mengerjakan UTBK secara maksimal. Berikut adalah tips diterima PTN melalui UTBK:

  • Pilih jurusan yang cocok dengan diri sendiri

Memilih jurusan sebelum mempertimbangkan PTN yang ingin dipilih merupakan tahap yang paling krusial dalam memasuki perkuliahan. Hal ini dikarenakan jurusan tersebut akan dipelajari hingga lulus perkuliahan. Oleh karena itu, pilihlah jurusan yang paling cocok dan diinginkan sehingga dapat menikmati masa perkuliahan.

  • Pilih PTN yang realistis dengan kemampuanmu

Bermimpi diterima di PTN terbaik di Indonesia memang merupakan impian setiap pejuang UTBK, namun perlu juga pertimbangan realistis mengenai apakah adik-adik bisa diterima di PTN tersebut. Saya berusaha melihat apakah pilihan PTN saya realistis atau tidak melakukan tryout pada aplikasi tryout seperti Pahamify untuk melihat kemampuan saya dibandingkan dengan kompetitor saya yang juga berjuang dalam mengejar PTN tersebut.

  • Pelajari mata pelajaran yang berhubungan dengan jurusan yang ingin dipilih

Saya merupakan mahasiswa lintas jalur sehingga saya tidak begitu mengerti mata pelajaran dari soshum. Strategi saya dalam belajar menghadapi UTBK adalah dengan mempelajari mata pelajaran yang berhubungan dengan jurusan yang saya pilih. Saya memilih jurusan manajemen sebagai pilihan pertama dan jurusan akuntansi sebagai pilihan kedua. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk memaksimalkan pembelajaran mata pelajaran saya terhadap mata pelajaran ekonomi.

Terlepas dari itu, saya sarankan juga kepada adik-adik untuk mempelajari juga mata pelajaran yang lain walaupun tidak berhubungan dengan jurusan yang dipilih. Dengan begitu terdapat pegangan bahwa peserta ini memiliki pengetahuan yang luas tidak hanya di mata pelajaran itu saja. Untuk TPS ini juga dicocokan dengan jurusan yang dipilih. Dalam kasus saya, saya berusaha untuk meningkatkan Penalaran Umum saya karena manajemen merupakan jurusan yang luas sehingga diperlukannya penalaran yang kuat.

  • Tenang dalam mengerjakan UTBK

Setelah semua persiapan yang matang, diperlukannya juga ketenangan dalam mengerjakan UTBK. Menurut saya, mental merupakan faktor yang penting dalam menghadapi UTBK. Apabila hati tidak tenang dalam mengerjakan UTBK, tentu hasil yang diinginkan tidak dapat tercapai. Berdasarkan pengalaman saya sendiri, saya berusaha untuk mengurangi beban belajar saya H-7 UTBK dan tidak belajar lagi pada saat H-1 untuk mempersiapkan mental saya dalam menghadapi UTBK.

Itu saja untuk tips diterima PTN melalui UTBK. Semua yang disampaikan dalam artikel ini merupakan hasil dari pengalaman pribadi saya. Semoga melalui artikel yang saya tulis ini dapat membantu adik-adik dalam diterima PTN melalui UTBK. Untuk adik-adik yang tidak diterima PTN melalui UTBK, tetap semangat karena masih ada jalur mandiri. Apabila tidak diterima mandiri, ingatlah adik-adik bahwa yang terpenting itu bukanlah apakah adik-adik masuk PTN atau PTS, yang penting adalah keinginan adik-adik untuk sukses setelah lulus perkuliahan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun