Bonyfasius Koko Sunarko
Bonyfasius Koko Sunarko Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Pensiunan

Usia 70 tahun, hobi: travel, cruise, photography, videographer dan sport..

Usia Lansia Bukan Hambatan

15 Desember 2022   10:27 Diperbarui: 15 Desember 2022   10:45 170
Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Setiap orang akan mengalami usia lansia dan usia ini dapat dikelompokan usia yang kekuatan fisiknya mulai menurun, lemah dan memerlukan bantuan orang lain.

Saya tertarik untuk menulis artikel ini yang diambil dari pengalaman pribadi, karena berkat Tuhan Yang Maha Esa masih bisa aktif dan sehat, usia saya 69 tahun dan dalam beberapa bulan lagi menginjak 70 tahun.

Saya dan istri mempunyai hobi yang sama yaitu jalan jalan dan bulan November sebulan yang lalu kami baru kembali dari liburan selama 2 bulan ke Eropa dan negara yang kami kunjungi Iceland, Inggris, Belanda, Perancis, Switzerland, Italy, Spanyol, Yunani, Malta, Cyprus, Turkie dan Qatar, perjalanan ini adalah liburan yang ditangguhkan karena Covid yang seharusnya di tahun 2020.

Liburan gaya lansia sangat berbeda dengan gaya liburan pada umumnya, harus mengatur dan menyesuaikan dengan kekuatan fisik, mengatur itinerary tidaklah mudah dan harus disesuaian  dengan budget, liburan ini dipersiapkan lebih kurang 6  bulan sebelumnya.

Liburan gaya lansia agar tidak melelahkan dan serta  dapat dinikmati, saya mengatur  2 minggu land tour dan 1 minggu cruise.

Dalam artikel ini saya ingin berbagi pengalaman liburan gaya lansia selama 6 hari di Iceland, tujuan utama kami ke Iceland untuk melihat “Nothern Lights/Aurora”

Hari pertama, mulai dari Amsterdam terbang ke Iceland selama 3 jam dengan Iceland Air dan menginap di Reykjavik, malam hari jam 21:00 kami dijemput dari hotel dengan bus menuju lokasi untuk melihat Aurora dan sampai dilokasi jam 23:00, kami menunggu Aurora dengan cuaca dingin temperature 2 derajat Celsius  tetapi kami sangat beruntung dapat melihat Aurora yang biasanya bisa berkali kali datang ke lokasi karena Aurora sangat tergantung dari cuaca, kami Kembali ke Hotel sekitar jam 1:30 pagi

Hari ke dua, Blue Lagoon (Geothermal Spa), kami di jemput jam 9:00 pagi dan sampai di Blue Lagoon jam 10:30, blue lagoon spa kolam air panas alam  mengandung mineral silica kadar tinggi, garam dan ganggang, airnya berwarna putih kebiruan dan sangat baik untuk kulit,  selama 2 jam kami di blue lagoon dan kembali ke hotel jam 16:00.

Hari ketiga, South Coast Iceland tour, dijemput jam 9:00 pagi, perjalanan menuju pantai selatan Iceland dan mengunjungi air terjun Skogafoss dan Seljalandsfoss, diamond beach, black sand (pantai pasir hitam), Jokulsarlon Glacier lagoon dan boat glacier lagoon, sepanjang perjalanan bisa melihat pemandangan alam khas Iceland dan lava gunung yang meletus ratusan tahun lalu, dan kembali ke hotel jam 19:00

Hari ke empat, Golden Circle & sky lagoon bathing tour, dijemput jam 8:00 dan tempat yang dikunjungi, Pingvellir national park (UNESCO world heritage), air terjun Gullfos, Strokkur geyser air panas yang menyembur setiap 10 menit dan Sky lagoon (spa air panas) untuk relaksasi, kembali ke hotel jam 18:00

Hari kelima, belanja, jalan jalan sekitar pusat kota dan kuliner.