Mohon tunggu...
Ega Ardana
Ega Ardana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

none

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN UM Desa Segaran 2021 Melakukan Open Donasi Buku untuk SDN Segaran 4

25 Juli 2021   12:36 Diperbarui: 25 Juli 2021   13:01 261 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN UM Desa Segaran 2021 Melakukan Open Donasi Buku untuk SDN Segaran 4
Gedangan Kabupaten Malang data kunjungan siswa ke perpustakaan tidak menunjukan jumlah yang besar

Minat baca ialah hal yang sangat krusial bagi peserta didik SD. Oleh sebab itu perlu dipupuk, ditumbuh kembangkan serta dibiasakan. Dengan kegemaran membaca buku, maka pada diri peserta didik akan tertanam untuk memiliki minat baca yang kuat. Minat baca buku yg kuat tidak hanya terhadap buku perpustakaan saja tetapi pula terhadap kitab pelajaran disekolah. Berdasarkan hasil wawancara dengan kepala Sekolah di SD Negeri Segaran 04 Kecamatan

.

Rata-rata kunjungan perpustakaan siswa/siswi SD Negeri Segaran 04 tiap harinya berkurang 20% dari jumlah total siswa dalam satu kelas. Kebanyakan dari mereka menghabiskan waktu istirahat dengan bermain diluar kelas, mereka lebih senang berada dikantin sekolah dan bermain dihalaman daripada membaca buku di perpustakaan. 

Dan juga jumlah Koleksi buku masih jauh dari standard yang harus dipenuhi.. Hal tersebut yang menjadi salah satu alasan minat baca siswa/siswi SD Negeri Segaran 04 Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang.Berdasarkan Latar Belakang tersebut, maka diadakan progam Open Donasi Buku untuk meningkatkan minat baca siswa/siswi SD Negeri Segaran 04 Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang. 

Hal ini bisa dilihat dari kurangnya minat baca siswa dan pengaruh dari jumlah Koleksi buku yang ada di perpustakan SD Negeri Segaran 04  masih jauh dari standard yang harus dipenuhi. Jumlah buku teks pelajaran yang ada diperpustakaan masih belum lengkap dengan jumlah mata pelajaran yang ada di sekolah. 

Kegiatan program ini dimulai dari pembuatan dan penyebaran pamflet "Open Donasi Buku" pada tanggal 15 sampai 16 Juni 2021. Pembagian pamflet tersebut kepada seluruh anggota KKN untuk disebarluaskan di Media Sosial seperti Instagram dan WhatsApp. 

dokpri
dokpri
Lalu pada tanggal 20 Juli Mahasiswa KKN membantu penanggung jawab Progam Kerja Open Donasi Untuk mengumpulkan Buku dan Memilah buku yang layak untuk didonasikan. Setelah itu pada tanggal 23 Juli Mahasiswa KKN pada pukul 09.00 menyerahkan Buku hasil Donasi kepada pihak Sekolah di SD Negeri Segaran 04. Buku yang telah berhasil dikumpulkan dari tanggal 16 Juni-21 Juli sejumlah 186 buku.

dokpri
dokpri

Dengan terkumpulnya buku bacaan dari Program Kerja Open Donasi Buku ini diharapkan untuk memberikan edukasi dan meningkatkan motivasi minat baca peserta didik. Serta agar meningkatkan antusias peserta didik untuk datang ke perpustakaan sekolah di SDN Segaran 4.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN