Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... Buruh - 🌱

Terima kasih, Kompasiana dan warganya.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Saat Jerman Dibobol Dua Pemain Jepang yang Main di Jerman

23 November 2022   23:36 Diperbarui: 24 November 2022   01:58 239
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Takuma Asano, merayakan keberhasilannya mencetak gol ke gawang Jerman (Photo by Jewel SAMAD/AFP) 

Ada fakta unik yang menggelitik kala Jerman kalah secara tragis dari Jepang dalam laga pembuka Grup E Piala Dunia Qatar 2022. Gawang Jerman dibobol dua pemain Jepang yang main di Jerman.Β 

Ya, dua gol Jepang ke gawang Jerman dicetak oleh Ritsu Doan dan Takuma Asano yang bermain di Jerman! Bukan hanya itu, Jepang juga mencatat rekor istimewa kemenangan perdana atas tim Eropa.Β 

Tak kalah hebatnya, menurut OptaJoe, Jepang bangkit dari ketinggalan untuk memenangkan pertandingan Piala Dunia untuk pertama kalinya, setelah bermain imbang dua kali dan kalah 11 dari 13 pertandingan mereka ketika mereka tertinggal sebelum pertandingan vs Jerman.

Menariknya lagi, melalui Ritsu Doan dan Takuma Asano, Jepang menjadi tim pertama yang mencetak dua gol melalui pemain pengganti dalam satu pertandingan Piala Dunia melawan Jerman.

Sejak 1966, hanya Yoshikatsu Kawaguchi pada 2006 (10 penyelamatan vs Brasil) yang membuat lebih banyak penyelamatan dalam satu pertandingan Piala Dunia untuk Jepang daripada delapan penyelamatan yang dilakukan Shuichi Gonda, kiper Jepang saat ini.

Jepang yang tertinggal 0-1 setelah penalti Gundogan pada menit ke-31 tampil kesetanan di babak kedua. Jepang yang tadinya ketinggalan jauh dalam penguasaan bola di babak pertama tetiba tampil garang di babak kedua.

Tim Samurai Biru pun mampu menekan Jerman yang tampak lamban dan tumpul. Berkat kerja keras para pemainnya, Jepang mencetak gol penyeimbang pada menit ke-75 melalui Ritsu Doan, pemain SC Freiburg Jerman.Β 

Doan menceploskan bola ke gawang Neuer yang sejatinya tampil brilian dengan menepis sejumlah serangan Jepang. Gol Doan ini membangkitkan semangat Jepang.

Hasilnya pada menit ke-83, Takuma Asano yang bermain di klub Jerman VfL Bochum mencetak gol kedua bagi Jepang.Β 

Keunggulan 1-2 ini bertahan hingga wasit meniup peluit panjang. Hasil akhir Jerman vs Jepang adalah 1-2 untuk kemenangan Jepang. Hebat!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun