Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... -samadi-

Yuk ikuti LOMBA MINI menulis Sejuta Kebaikan. Baca artikelnya di akun ini. Dilarang memuat ulang artikel untuk komersial.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Malaysia Lockdown Total, Mengapa Kita Dibatasi Mudik Saja Masih Ngeyel?

11 Mei 2021   05:15 Diperbarui: 11 Mei 2021   05:20 1347 44 12 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Malaysia Lockdown Total, Mengapa Kita Dibatasi Mudik Saja Masih Ngeyel?
Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan saat akan melintas di posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (9/5/2021). Pada H-3 jelang Hari Raya Idul Fitri 1422 H petugas gabungan dari TNI,Polri, Dishub dan Satpol PP memperketat penjagaan pemudik di perbatasan Kabupaten Bekasi dan Karawang.(ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAH)

Bukannya tak cinta tanah air. Akan tetapi, membandingkan situasi Malaysia dan Indonesia saat ini bagaikan melihat dua anak kembar yang berbeda sifat. Yang satu disiplin. Yang satu lagi (agak) nakal ketika diberi kebebasan.

Malaysia, negara tetangga kita baru saja mengumumkan lockdown atau kuncitara total hingga 7 Juni nanti. Malaysia sedang menghadapi lonjakan kasus virus korona. Munculnya aneka varian yang konon lebih menular mendorong pemerintah Malaysia untuk memperketat aturan penanggulangan Covid-19.

Dikutip dari bangkokpost, Perdana Menteri Muhyiddin Yassin mengatakan semua perjalanan antar negara bagian dan antar distrik akan dilarang. Selain itu, pertemuan massal juga dilarang.

Institusi pendidikan akan ditutup sementara, tetapi sektor ekonomi akan dibiarkan terus berlanjut. Demikian penjelasan Yassin tanpa merinci lebih lanjut. 

Sang perdana menteri mengatakan, penguncian sementara atau lockdown itu diperlukan karena adanya varian virus korona baru dengan tingkat infeksi yang lebih tinggi dan kendala yang dialami layanan kesehatan masyarakat di Malaysia.

Malaysia mengalami lonjakan infeksi virus korona dalam beberapa pekan terakhir. Malaysia mencatat 3.807 kasus baru pada hari Senin. Sampai kini, Malaysia mencatat total 444.484 kasus dan 1.700 kematian akibat Covid-19.

Malaysia berada dalam keadaan darurat, yang diumumkan oleh Muhyiddin pada Januari untuk membatasi penyebaran Covid-19.

Kita, sebagian warga Indonesia masih juga keras kepala

Pemerintah telah mengumumkan pelarangan mudik lebaran 2021. Pelarangan mudik ini bertujuan mencegah meluasnya virus korona baru yang telah menimbulkan 1,71 juta kasus dan 47 ribu orang meninggal dunia di Indonesia yang kita cintai ini.

Judul artikel ini memang sekilas terkesan bombastis dan menganggap semua warga Indonesia keras kepala. Akan tetapi, maksud saya bukan itu. Judul ini hanyalah majas untuk melukiskan sifat keras kepala sebagian warga Indonesia di tengah larangan mudik lebaran 2021 ini.

Penyekatan arus mudik di sejumlah wilayah oleh aparat keamanan yang tetap bekerja di masa Lebaran ini dianggap sepi oleh sebagian warga. Contohnya, ribuan pemudik yang mengendarai sepeda motor menjebol barikade penyekatan di Jalur Pantura Kedungwaringin, perbatasan Kabupaten Bekasi-Karawang, pada Minggu (9/5/2021) malam. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x