Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... Keberagaman adalah anugerah terbaik bagi Indonesia

ruangberbagikompasiana@gmail.com. Dilarang memuat ulang artikel untuk komersial. Hak cipta dilindungi UU.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Gamer Tewas Akibat Asyik Main PUBG dan Gejala Push Rank

27 Maret 2020   06:25 Diperbarui: 27 Maret 2020   20:26 195 7 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gamer Tewas Akibat Asyik Main PUBG dan Gejala Push Rank
Ilustrasi bermain PUBG (Gambar: Shutterstock via KOMPAS.com)

Ternyata keasyikan bermain gim seperti PUBG bisa membawa pada kematian. Kok bisa? Ini kisahnya.

Akhir tahun 2019 lalu, seorang pemuda di India tewas karena tidak sengaja minum deterjen perak sambil asyik bermain PUBG (Player Unknown’s Battlegrounds) di ponselnya.

SA (20 tahun) yang memang pehobi kelas berat gim PUBG itu sedang bepergian dengan temannya yang bekerja sebagai tukang perhiasan. Mereka naik kereta ekspres dari Madhya Pradesh ke Agra. 

Saat menempuh rute sejauh 589 km itu, SA mulai memainkan PUBG di ponselnya dan ia segera larut dalam gim itu. Saat bermain gim, ia tetiba haus.

Tanpa melihat, ia meraih sebotol air di tas temannya. Mungkin karena ia mengira botol itu berisi minuman, SA segera memuaskan dahaga dengan menengak isi botol itu tanpa melihat labelnya.

Menurut the New Strait Times, pemuda itu segera tersentak oleh sensasi organ-organ dalamnya yang "terbakar". Waktu itu teman seperjalanan SA juga tidak memperhatikan bahwa SA mengambil botol yang berisi cairan pembersih perak di dalam tasnya.  

Ketika SA mengeluh kesakitan, temannya dengan panik mencoba menghentikan kereta agar temannya bisa mencari perawatan medis yang layak. Sayangnya hal ini tidak mungkin dilakukan oleh kereta yang sedang dalam perjalanan. Tragis, ketika kereta akhirnya tiba di sebuah stasiun di Agra, SA telah meninggal karena keracunan.

Kecanduan Gim Meluas di India
India adalah potret negeri yang warganya kecanduan gim di ponsel. Tewasnya SA hanyalah fenomena gunung es dari kecanduan gim dan gawai yang melanda negeri itu.

Seorang anak lelaki berusia 14 tahun yang kecanduan video game diduga melakukan bunuh diri di kota Maharashtra setelah ibunya mengambil ponsel darinya (berita Hindustantimes, 14 Nov 2018).

Menurut sebuah laporan di The Times of India, dua pemuda kakak-beradik yang berusia 22 dan 19 tahun dirawat di bangsal psikiatri rumah sakit Ram Manohar Lohia (RML) di Delhi. Orang tua mereka mencatat perubahan yang mengkhawatirkan dalam rutinitas harian kedua remaja ini. Karena demikian kecanduan pada konsol gim, dua remaja ini ogah-ogahan melakukan pekerjaan sehari-hari mereka. Kecanduan itu memburuk ketika keduanya sampai malas pergi ke toilet.

Demikian malasnya sampai mereka nekat buang air besar di celana mereka saat bermain gim. Kakak laki-laki adalah mahasiswa teknik tahun kedua sementara yang lebih muda belajar di kelas 12 (berita 9 Feb 2016).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN