Mohon tunggu...
Riduannor
Riduannor Mohon Tunggu... Guru - Penulis

Citizen Journalism

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Merancang Kegiatan dan Satu Peran guru Penggerak Berbasis Kekuatan Nilai Anggota Kelompok

15 November 2022   06:25 Diperbarui: 15 November 2022   09:53 6325
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ujian sekolah berbasis komputer  | Dokumen Pribadi di Sekolah Penggerak

Ada lima nilai yang harus dimiliki sebagai Guru penggerak yaitu mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif serta berpihak pada murid. Dan ditambah lima peran guru penggerak yaitu menjadi pemimpin pembelajaran, menjadi Coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi, mewujudkan kepemimpinan murid (Student Agency), dan menggerakkan Komunitas Praktisi.

Di artikel kelima ini, yang membicarakan pendidikan Calon Guru Penggerak (CGP), penulis hanya mengambil satu kegiatan yang sesuai juga dengan satu peran Guru penggerak (GP) yang dirancang sesuai kegiatan singkat berbasis kekuatan nilai setiap anggota kelompok.

Bagaimana cara merancang Kegiatan SATU yang sesuai dengan SATU peran GP yang dipilih kelompok dalam mengkolaborasikan nilai kekuatan  yang telah dimiliki oleh masing-masing rekan dalam kelompok saya?.

Susunlah gambaran (rancangan) singkat berbasis kekuatan nilai setiap anggota kelompok.

Ada dua pertanyaan pokok yang sering ditanyakan dan perlu jawaban yang kongrit sesuai dengan nilai dan peran guru penggerak yang harus dimiliki. Hanya satu saja yang di jelaskan diantara lima nilai dan peran guru penggerak.

Baiklah, penulis akan mengambil satu nilai dan peran GP dalam sebuah kelompok untuk mengkolaborasikan kekuatan tersebut pada pembelajaran yang memerdekakan.

Coach Bagi Guru Lain

Infografis Kekuatan nilai yang dimiliki menjadi Coach bagi guru lain | Dokumentasi pribadi diolah via Canva
Infografis Kekuatan nilai yang dimiliki menjadi Coach bagi guru lain | Dokumentasi pribadi diolah via Canva

Untuk menjelaskan dan memberikan gambaran kekuatan nilai dan peran guru penggerak yang di miliki oleh masing-masing Kelompok adalah menjadi Coach bagi guru lain.

Untuk menjelaskan peran dan kekuatan nilai yang dimiliki masing-masing anggota kelompok, saya menggunakan infografis. Pada Infografis yang saya buat menjelaskan secara singkat, dan mudah dipahami dengan menggunakan kalimat dan gambar yang menjelaskan.

Anggota kelompok pada Guru Penggerak yang saya contohkan terdiri empat orang guru yang berperan sebagai coach bagi guru lain yaitu : Guru A, Guru B, Guru C, dan Guru D. 

Pada kegiatan ini mereka berdiskusi, dan berkolaborasi membicarakan dan menyusun kegiatan pelatihan In house Training (IHT), mengenai ujian berbasis komputer yaitu Computer Based test (CBT). 

CBT adalah ujian yang di selenggarakan menggunakan komputer atau laptop sebagai pengganti lembar soal dan jawaban, sehingga  pengumuman hasil ujian bisa langsung dilihat setelah ujian selesai.

Setiap anggota kelompok selama kegiatan pelatihan IHT berbasis komputer menggunakan aplikasi CBT, mempunyai satu kekuatan nilai yang dimiliki menjadi Coach bagi guru lain, terlihat pada gambar Infografis diatas.

Alur dan Skenario Pelatihan

Dikegiatan pelatihan IHT berbasis komputer menggunakan aplikasi CBT, para guru yang mengikuti pelatihan disebut Coachee. Sedangkan para anggota kelompok guru penggerak sebagai Coach. Apa bedanya Coach dan Coachee?.

Coach menggunakan kemampuannya untuk bertanya sehingga coachee mampu menemukan akar permasalahan dan bisa memunculkan solusinya sendiri. Jadi dapat disimpulkan seorang Coachee dianggap sudah memiliki kemampuan yang memadai, dasar-dasar penggunaan komputer. Sehingga Coach tidak perlu membekalinya dengan pengetahuan teknis tambahan.

Alur dan Skenario menjadi Coach pada Pelatihan Berbasis Komputer | Dokumen pribadi diolah via canva
Alur dan Skenario menjadi Coach pada Pelatihan Berbasis Komputer | Dokumen pribadi diolah via canva

Dari alur dan skenario pelatihan yang terdapat pada infografis dapat dijabarkan sebagai berikut :

  • Analisis : menganalisis kebutuhan pelatihan dari narasumber, perangkat/ media pelatihan, komsumsi, akomodasi, dan          transportasi yang diperlukan sesuai kebutuhan selama kegiatan berlangsung.
  • Desain program : membuat dan merancang keseluruhan program pelatihan yang akan dilaksanakan dari jadwal, narasumber dan berbagai kebutuhan publikasi kegiatan seperti poster, pemberitahuan dan pengumuman, atau undangan kegiatan pelatihan buat guru.
  • Materi Pelatihan : mengembangkan, menyusun, membuat materi pelatihan baik berupa infografis, powerpoint, gambar untuk memperjelas pelatihan In house Training berbasis komputer.
  • Implementasi : memberikan pelatihan dan bimbingan cara menggunakan dan penerapan aplikasi computer based test (CBT) kepada guru-guru sebagai uapaya digitalisasi pendidikan.
  • Pendampingan peserta pelatihan : untuk mendapatkan hasil maksimal penguasaan aplikasi CBT, TIM Coach Pelatihan CBT melakukan pendampingan saat mempraktikan aplikasi CBT saat ujian online di kelas atau pada ruang yang telah ditentukan.
  • Evaluasi : untuk mengetahui sejauh mana guru-guru menguasai dan mengoperasikan aplikasi CBT dari hasil pelatihan perlu diadakan evaluasi tes praktik, dan tindak lajut pelatihan CBT.

Dari gambaran peran guru penggerak dan kekuatan nilai yang dimiliki masing-masing anggota kelompok, dapat berkolaborasi dan saling mendukung kegiatan pelatihan IHT berbasis komputer menggunakan aplikasi CBT. 

Diakhir tulisan, lima nilai dan lima peran guru penggerak dapat dikembangkan dan di miliki oleh setiap anggota kelompok. Dan merefleksi diri, supaya kelebihan Guru A, Guru B, Guru C, dan Guru D bisa dimiliki semua anggota kelompoknya. (*)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun