Mohon tunggu...
Dipstrategy.co.id
Dipstrategy.co.id Mohon Tunggu... Konsultan - Sharing semua info dan tips terbaru tentang digital marketing, ui/ux, software development. untuk membangun kehadiran bisnis anda di dunia digital. https://dipstrategy.co.id/

Dipstrategy

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Editorial Plan sebagai Senjata Utama Sosial Media Bisnis dan Tips Pembuatannya

30 Januari 2023   16:55 Diperbarui: 30 Januari 2023   17:00 1247
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Konten digital marketing yang akan diterbitkan dalam berbagai platform media sosial maupun email memerlukan aturan yang tepat oleh bagian marketing perusahaan. Untuk itu, dibutuhkan editorial plan yang baik sehingga konten-konten yang diposting dan dikirim kepada konsumen dapat terjadwal dan diatur dengan baik dan rapi.

Disinilah peran editorial plan dibutuhkan, untuk memastikan semua konten yang telah dipersiapkan oleh tim pemasaran dapat dibagikan sesuai dengan waktu dan jadwal yang sesuai seperti yang telah direncanakan.

Definisi Editorial Plan

Sesuai dengan namanya maka editorial plan merupakan rancangan rencana yang membuat jadwal yang berkaitan dengan waktu pembuatan konten promosi pada media sosial maupun email marketing. Editorial plan ini bukan hanya sekedar jadwal penayangan saja, namun lebih dari itu sebagai alur kerja yang memberikan panduan kepada tim pemasaran dalam melakukan penjadwalan pekerjaan mereka mulai dari jadwal harian, mingguan hingga jadwal konten bulanan.

Membuat Editorial Plan yang baik harus memiliki hal-hal berikut:

1. Daftar konten yang akan dipublikasikan

Daftar tersebut juga termasuk konten yang belum dibuat, konten yang sudah ada, atau  bisa juga konten yang pernah ada namun dikemas dalam sudut pandang yang baru.

2. Penanggung jawab

Editorial plan mencantumkan siapa saja yang bertanggung jawab pada masing masing segmen sehingga memudahkan dalam hal koordinasi dan juga komunikasi antar tim

3. Jadwal pembuatan dan tayang

Membuat pengaturan dan penjadwalan pembuatan konten, dan juga menyiapkan waktu yang tepat untuk penayangan masing-masing konten. Dengan membuat jadwal yang tersusun dan terencana dengan baik, konten marketing yang kita siapkan diharapkan dapat meningkatkan penjualan secara online dengan baik

4. Call-to-action yang tepat

Konten marketing yang dibuat, sebaiknya memiliki tujuan yang tepat untuk apa konten tersebut dibuat, apakah untuk meningkatkan awareness akan produk dan perusahaan, membangun loyalitas konsumen, atau untuk menghasilkan lebih banyak prospek dan juga konversi penjualan dan berbagai tujuan lainya.

Untuk konten yang telah direncanakan dengan baik, maka tombol call to action yang kita siapkan juga harus tepat, sehingga audience yang menjadi tujuan utama konten tersebut dibuat dapat lebih tertarik untuk lebih jauh terlibat dengan kita

5. Daftar platform

Menentukan platform internet atau media sosial apa saja yang akan digunakan untuk menayangkan konten tersebut, sehingga konten yang dibuat dapat memberikan hasil yang maksimal apabila diletakkan pada platform yang sesuai pula

Untuk itu, editorial plan sebaiknya sudah memiliki jadwal, kapan sebuah konten akan tayang pada suatu media dan kapan sebuah konten akan tayang pada media lainnya. Nah, untuk mengatur dan membuat editorial plan yang baik juga membutuhkan pengalaman yang cukup Sehingga konten-konten yang diposting dan dikirim kepada konsumen dapat terjadwal dan diatur dengan baik dan rapi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun