Mohon tunggu...
Agustinus Purwanto (Mas Pung)
Agustinus Purwanto (Mas Pung) Mohon Tunggu... Penyuluh Agama Katolik, Pengajar K3S KAJ, Kepala Sekolah

pemberi rekoleksi, retret, katekis, email: bimabela@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Cara agar Anak Tidak Keranjingan Gadget

6 April 2021   21:03 Diperbarui: 6 April 2021   21:10 167 9 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara agar Anak Tidak Keranjingan Gadget
Gambar: via dewina-journal.foutap.com

"Gimana ya Pak supaya anak-anak tidak kecanduan main gadget?" 

Pertanyaan orang tua dalam sebuah sesi parenting yang saya lakukan. Pertanyaan seputar penggunaan gadget oleh anak menempati urutan teratas dalam sebuah survey topik parenting kepada para orangtua dan atau wali peserta didik.

Internet Kebutuhan Primer Generasi Digital

Saat ini internet menjadi kebutuhan kebutuhan primer. Bukan lagi kebutuhan sekunder apa lagi tertier. Generasi now akan memilih membeli kuota daripada membeli makan. Aneh tapi nyata. Tidak mengherankan jika internet dan gadget seolah tidak bisa pisah dengan mereka. Berikut ini paling tidak saya menemukan tiga alasan kenapa bagi generasi now (generasi Z) internet dan gadget menjadi kebutuhan primer.

  • Era Internet of Things (IoT) saat ini nyaris semua aktivitas manusia tidak lepas dari internet. Semua urusan manusia dalam setiap bidang selalu bersentuhan dengan pemakaian gadget.
  • Generasi Z yaitu anak-anak usia SMP dan SMA disebut sebagai generasi digital. Mereka lahir, tumbuh dan berkembang pada era digital. Mereka adalah generasi yang lahir tahun 2000 -an, yang sering disebut "Digital Generation"
  •  Pandemi Covid-19 membuat pemakaian interneet menjadi kebutuhan primer. Semua kegiatan pembelajaran anak generasi Z dilakukan secara online. Hal ini menyebabkan penggunaan gadget dan internet makin tinggi.

Dampak Positif versus Negatif Gadget

Banyak banget penelitian mengenai dampak penggunaan gadget oleh generasi Z. Pada kesempatan ini saya tidak mengulas hal itu. Tapi dari pernyataan di atas bahwa internet dan gadget menjadi kebutuhan primer sudah terkandung makna positif dari penggunaan gadget atau internet. Tapi hal ini tidak serta merta demikian. 

Tidak sedikit orangtua atau guru mempunyai kesulitan terhadap anak atau siswa yang keranjingan menggunakan gadget. Bahkan Anda bisa temukan dengan mudah di internet perilaku buruk dan destruktif anak atau siswa yang kecanduan gadget terutama untuk main games.

Orangtua yang menyampaikan pertanyaan di atas juga menghadapi persoalan anak keranjingan main games. Lalu pertanyaan praktis bagi orang tua adalah bagaimana menghadapi anak supaya tidak keranjingan menggunakan gadget untuk main games?

Tips Agar Anak Tidak Keranjingan Main Gadget

Jawaban atas pertanyaan di atas dapat dengan mudah Anda temukan di internet. Banyak ulasan bagaimana orangtua bisa mendampingi anak agar tidak kecanduan games (main gadget)? Nah bagaimana ya kalau pertanyaan itu disampaikan kepada anak-anak kita generasi Z? Apa kira-kira jawaban mereka? Apa yang mereka pikirkan agar tidak kecanduan main gadget? Jawaban inilah yang akan saya sharingkan pada artikel ini.

Belum lama ini ada tiga siswa saya membuat penelitian sederhana terkait bagaimana cara agar generasi Z tidak terjebak pada kecanduan penggunaan gadget untuk main games. Mereka melakukan penelitian kepada teman-teman mereka sendiri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN