Mohon tunggu...
MBKM UM Desa Purworejo
MBKM UM Desa Purworejo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis

Kegiatan MBKM UM di Desa Puworejo, Kec. Ngantang, Kab. Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kegiatan Lomba Mewarnai PAUD dan TK Purworejo

17 Januari 2022   01:48 Diperbarui: 17 Januari 2022   01:58 170 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Menggambar dan mewarnai adalah kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Dengan menggambar dan mewarnai, mereka bisa menuangkan beragam imajinasi yang ada di kepala mereka. Gambar yang dihasilkan juga dapat menunjukkan tingkat kreativitas serta suasana hati masing-masing anak. 

Fase golden age atau usia emas saat pertumbuhan seorang anak adalah usia 0-5 tahun, karena pada masa tersebut otak anak akan berkembang sehingga mudah menyerap dan menirukan semua informasi yang didapat. Pada masa emas, orang tua harus berperan aktif dalam mengawasi pertumbuhan dan perkembangan anak serta mengarahkan kegiatan pada hal-hal positif seperti mewarnai. 

dokpri
dokpri
Mahasiswa KKN UM turut berpartisipasi dalam mendukung pertumbuhan anak-anak dengan mengadakan Lomba Mewarnai di Desa Purworejo, Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Kegiatan tersebut diikuti oleh anak tingkat PAUD dan Taman Kanak-kanak (TK) di Desa Purworejo. Adapun tema dari kegiatan Lomba Mewarnai adalah tentang kasih sayang Ibu. Dengan tema tersebut, diharapkan dapat mengajarkan anak-anak untuk berbakti dan menyayangi seorang ibu serta merekatkan hubungan antara anak dan ibu. Selain kegiatan Lomba Mewarnai, diadakan juga senam ritmik bersama-sama. Para anak-anak, orang tua, guru serta mahasiswa KKN juga ikut senam bersama dengan penuh semangat. Kegiatan tersebut dilakukan di Balai Desa Purworejo. 

dokpri
dokpri
Antusiasme para anak-anak maupun orang tua tergambar dengan jelas pada kegiatan Lomba Mewarnai, dimana ruangan lomba dihadiri oleh orang tua yang menyemangati dan mengarahkan anaknya untuk bisa menyelesaikan proses mewarnai, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. 

Selesai mewarnai, beberapa anak akan dipanggil ke depan untuk memperlihatkan dan menceritakan hasil mewarnainya. Banyak dari mereka antusias untuk maju kedepan. Adapun reward yang diberikan untuk anak-anak dengan hasil mewarnai yang bagus, dan rapi adalah satu set alat mewarnai.

Adanya kegiatan Lomba Mewarnai ini sebagai alternatif kegiatan anak-anak PAUD dan TK di Desa Purworejo selain kegiatan belajar di dalam ruangan kelas.  Selain itu, Lomba Mewarnai ini diharapkan juga dapat menumbuhkan jiwa kompetisi dan menjadi sarana mengembangkan kreativitas, imajinasi serta penyaluran bakat anak, melatih keterampilan motorik, penguatan percaya diri, pengembangan efeksi dan komunikasi. 

whatsapp-image-2022-01-17-at-01-44-03-61e467d280a65a7f50280444.jpeg
whatsapp-image-2022-01-17-at-01-44-03-61e467d280a65a7f50280444.jpeg
"Sudah lama sejak pandemi gak ada acara seperti ini mbak, jadi anak-anak pasti senang sekali hari ini. Kegiatan lomba seperti ini meskipun sederhana tapi seru dan bagus untuk mereka. Kan kalau di dalam kelas terus pasti bosan." Ujar Bu Sri, salah satu pengajar di TK Desa Purworejo. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan