Mohon tunggu...
Bighum Sonia
Bighum Sonia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa BK FKIP UKSW

Dance, nyanyi, nonton film

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Desain Pembelajaran dengan Pendekatan yang Kontemporer

1 Desember 2022   14:03 Diperbarui: 1 Desember 2022   14:08 153
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Desain Pembelajaran dengan Pendekatan yang KontemporerJudul Buku : Desain Pembelajaran

Nama Penulis : Prof. Dr. H. Punaji Setyosari, M. Pd., M. Ed.

Penerbit & Tahun Terbit : PT Bumi Aksara Jakarta Timur/2020

Jumlah Halaman : 210 Halaman

Cover Buku : (terlampir)

Buku karya Prof. Dr. H. Punaji Setyosari ini berisi tentang ilmu-ilmu bantu atau teori-teori lain di dalamnya seperti teori komunikasi, teori sistem, teori belajar, dan teori pembelajaran. Buku Desain Pembelajaran ini kehadirannya sangat diperlukan dan ditunggu-tunggu oleh para pembaca. Buku ini dimaksudkan untuk memberikan bekal pengetahuan teoretik dan praktik tentang kegiatan mendesain pembelajaran. Di samping itu, penyajian beberapa model desain pembelajaran dapat memberikan pemahaman kepada para pengguna, calon guru, dan guru juga para mahasiswa yang menekuni bidang ini. Buku ini juga berguna untuk meningkatkan pemahaman atau kemampuan belajar peserta didik. Kehadiran buku ini dapat digunakan oleh berbagai pihak secara luas.

Bidang desain pembelajaran merupakan salah satu bidang kajian yang perlu dikuasai oleh semua pendidik. Bagi seorang pendidik, sebelum melakukan suatu pembelajaran tentunya diperlukan suatu desain pembelajaran. Untuk itu, dalam mendesain pembelajaran bukan hal yang mudah atau hanya sekadar memahami tujuan, media, dan setelah itu evaluasi. Akan tetapi, dalam membuat suatu dessain pembelajaran diperlukan berbagai pemahaman yang lebih spesifik lagi seperti pendidik harus mengetahui rasionalisasi dalam pembuatan desain pembelajaran seperti perspektif belajar, dasar teori desain pembelajaran, model dan komponen desain pembelajaran, analisis tujuan, konteks, dan karakteristik peserta didik, strategi pembelajaran, pengembangan bahan ajar, maupun evaluasi dan asesmen. 

Buku ini menjelaskan isi dalam setiap sub bab secara jelas dan rinci. Hal yang menarik perhatian pembaca adalah adanya teori-teori dan model-model desain pembelajaran yang sangat bervariasi. Sehingga pembaca dapat memahami dan memperoleh pembekalan dari teori dan model-model yang dijelaskan dalam isi sub bab. Namun, ada beberapa penjelasan yang mungkin kurang bisa dipahami oleh pembaca awam karena terdapat kata asing dan kalimat yang terlalu luas. Selain itu, terdapat strategi pembelajaran yang dapat dipelajari untuk mendukung proses-proses belajar secara internal seperti untuk menarik perhatian, menginformasikan tujuan khusus, menstimulus ingatan untuk belajar pengetahuan, menyajikan bahan stimulus, memberi bimbingan belajar, membangkitkan semangat, dan meningkatkan retensi.

Buku ini menggunakan kaidah penulisan yang sesuai dengan Ejaan Bahasa Yang Disempurnakan (EYD), pemilihan kata (diksi) yang tepat, adanya penekanan terhadap pokok kalimat yang disampaikan, menggunakan bahasa yang konsisten, dan penggunaan bahasa asing yang tepat. Bahasa yang digunakan adalah bahasa baku. Buku ini ditulis secara gamblang tanpa menggunakan bahasa kiasan.

Buku ini terlalu panjang untuk menginformasikan kepada pembaca awam dan masih ada beberapa penjelasan yang kurang bisa dipahami oleh pembaca. Penulisan kalimat pertama pada alinea tidak konsisten karena penulisannya tidak menjorok ke dalam. Banyak keterangan yang sulit dicerna sehingga pembelajaran sulit dipahami. Buku ini memiliki kelebihan yaitu ada beberapa isi yang menarik dan penjelasannya mudah. Pada bagian isi per sub bab sudah termasuk dalam perencanaan pembelajaran atau planning, kemudian implementasi atau melaksanakan kegiatan, lalu yang terakhir adalah melakuan evaluasi seperti penilaian dan asesmen.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun