Mohon tunggu...
Bernita Arlistasari
Bernita Arlistasari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi : Pencinta Hewan

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Berkunjung Liburan ke Gua Maria Sendangsono di Kulonprogo

16 Januari 2024   21:30 Diperbarui: 16 Januari 2024   22:00 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada tanggal 24 Desember 2021, saya berkunjung ke Gua Maria Sendangsono yang ada di daerah Kulon Progo. Gua Maria Sendangsono ini ada salah satu tempat ziarah sekaligus wisata rohani umat Katolik di Kulonprogo yang paling banyak dikunjungi. Lokasi di daerah Kalibawang, Kulon Progo, tempat ziarah yang sangat sejuk dan banyak pohon-pohon. 

Kemudian, tidak hanya umat Katolik saja yang boleh berkunjung bahkan ini dibuka juga dengan umum,masyarakat yang berbeda agama sangat diperbolehkan karena adanya toleransi, terkadang ada Mahasiswa yang berkunjung pariwisata untuk ziarah di Gua Maria Sendangsono tersebut karena Gua ini sudah sangat terkenal. Gua Maria Sendangsono juga pernah menjadi objek penelitian oleh mahasiswa arsitektur karena bentuk bangunannya yang sangat indah.

Banyak juga wisatawan yang berkunjung untuk sekadar berfoto di wilayah tersebut. Mereka juga menyukai keindahan arsitektur Gua Maria Sendangsono yang telah mendapatkan penghargaan IAI (Ikatan Arsitek Indonesia). Tepatnya pada tahun 1991 dalam kategori bangunan ramah lingkungan.

Dok Pribadi
Dok Pribadi

Udara nya sangat sejuk, dingin bahkan pemandangan nya juga sangat indah. Disini saya saat berkunjung di Gua Maria Sendangsono membuat saya menjadi tenang dan nyaman. Dan juga untuk air yang ada di Gua Maria Sendangsono ini sangat bermanfaat dan dapat dipercaya oleh warga sekitar nya, bahwa air tersebut dapat menyembuhkan penyakit tersebut. Di Gua Maria Sendangsono juga ada berbagai macam yang dimana banyak yang berjualan oleh-oleh untuk dibawa pulang. 

Tak hanya itu di Gua Maria Sendangsono juga terdapat pemakaman masyarakat yang telah meninggal dunia. Selain itu, saya berdoa sambil menenangkan diri saya dan meminta mohon secara khusus untuk memuji nama Tuhan. Dan saya duduk dibawah pohon untuk merenung sambil menikmati keindahan bangunan yang ada di Gua Maria Sendangsono. Lalu, juga ada jembatan kecil yang dimana di bawah nya terdapat air sungai yang sangat bersih dan indah. 

Dan kemudian saya berjalan kembali ke rumah dan tidak lupa saya mengambil air yang sudah tersedia secara umum. Lalu, saya mengambil air dengan botol yang sudah berisi air tersebut. 

Kemudian air sendang ini saya bawa pulang untuk diminum yang dapat dipercaya oleh masyarakat Sendangsono yang membawa keajaiban tersebut dan juga mendapatkan berkah. Dengan adanya air tersebut ini dapat juga permohonan yang berguna bagi saya selama ibadah yang akan lebih bermanfaat bagi semua masyarakat sekitar nya. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun