UIN Jakarta-Pilar Entrepreneurship Pionir Muda UIN Jakarta mengadakan program Market Day sebagai wadah pelatihan jiwa kewirausahaan melalui praktik langsung berjualan. Kegiatan ini berlangsung selama empat minggu dengan sistem penjualan berbasis pre-order (PO) yang dikelola oleh anggota pilar entrepreneurship dalam kelompok mini usaha. Market Day ini dilaksanakan secara fleksibel, tetapi seluruh kelompok memilih untuk menerapkan strategi penjualan secara online.
Program Market Day bukan hanya bertujuan untuk menggalang dana usaha saja, melainkan tujuan utamanya yaitu melatih mental bisnis anggota Pilar Entrepreneurship secara nyata. Tiap kelompok diwajibkan menentukan produk yang akan dijual, menyusun strategi penjualan, merancang desain promosi, hingga mengelola hasil penjualan. Produk yang dijajakan bervariasi, antara lain; dimsum, bakso aci, banana nugget, dan cireng keju. Semua produk yang dipilih sesuai dengan kesepakatan internal masing-masing kelompok.
Dalam pelaksanaannya, terdapat kelompok yang membagi tugas seperti promosi dan pengantaran, namun ada pula yang memilih bekerja sama tanpa pembagian peran formal. Meski tidak ada strategi pemasaran khusus yang diseragamkan, masing-masing tim menggunakan kreativitas sendiri dalam mempromosikan produk, seperti melalui media sosial atau pesan pribadi.
Respons dari konsumen pun beragam, hal tersebut tertuang dalam pernyataan salah satu anggota Market Day. “Respon konsumen sangat bergantung pada produk dan cara promosi. Ada yang untung besar, ada juga yang hanya menutup modal. Ini jadi pengalaman penting buat kami,” ujar salah satu anggota Market Day.
Namun pelaksanaan kegiatan ini tidak luput tanpa kendala. Beberapa kelompok mengalami hambatan karena kurangnya keterlibatan anggota, sehingga strategi pemasaran menjadi kurang maksimal. Selain itu, terdapat pula tantangan dalam menarik minat pembeli akibat produk yang kurang menarik atau promosi yang kurang gencar.
Meskipun tidak semua berjalan sempurna, Market Day memberi dampak positif berupa tumbuhnya keberanian dan kepercayaan diri peserta untuk memulai usaha dari nol. Mereka juga belajar menyusun konsep usaha, menghadapi konsumen secara langsung, serta mengevaluasi proses penjualan secara objektif.
“Market Day ini bukan sekadar jualan, tapi latihan mental wirausaha. Harapannya, peserta bisa mulai percaya diri dan berani berwirausaha di kehidupan nyata,” ungkap salah satu anggota Pilar Entrepreneur.
Meskipun belum ada rencana melanjutkan program ini ke depannya, kegiatan ini dinilai efektif sebagai bentuk latihan sederhana yang berdampak, serta minim biaya karena seluruh proses dijalankan langsung oleh peserta.
Penulis: Tiara Rahma Audina/Ayu Estuning Tiyas