Mohon tunggu...
Benito Rio Avianto
Benito Rio Avianto Mohon Tunggu... Dosen - Ekonom, Statistisi, Pengamat ASEAN, Alumni STIS dan UGM
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Blogger, Conten Creator, You Tuber. Stay di Jakarta, tertarik dengan isu Ekonomi ASEAN dan perekonomian global. Aktif menulis di beberapa media. Menyukai pergaulan dan komunitas internasional. Berharap sumbangan pemikiran untuk kemaslahatan bangsa. Bersama Indonesia ASEAN kuat, bersama ASEAN Indonesia maju. https://www.youtube.com/watch?v=Y95_YN2Sysc

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Statistics is for Everybody

3 Agustus 2022   13:00 Diperbarui: 3 Agustus 2022   13:45 62 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Statistics is for Every Body

Kenapa kita perlu tahu atau belajar Statistika? Apa sih urgensinya? Mari cari tahu jawabannya ya. Statistika adalah cabang matematika yang berhubungan dengan studi mengumpulkan, menganalisis, menafsirkan, menyajikan, dan mengatur data dengan cara tertentu. 

Statistika didefinisikan sebagai proses pengumpulan data, pengklasifikasian data, penyajian data untuk memudahkan interpretasi, dan analisis data lebih lanjut. 

Statistik juga disebut sebagai sampai pada kesimpulan dari data sampel yang dikumpulkan dengan menggunakan survei atau eksperimen. Berbagai sektor seperti psikologi, sosiologi, geologi, probabilitas, dan sebagainya juga menggunakan statistik untuk berfungsi.

Ada dua metode analisis data dalam statistik matematika yang digunakan dalam skala besar: a) Statistik deskriptif dan b) Statistik Inferensial

Statistik deskriptif

Metode statistik deskriptif digunakan untuk menggambarkan data yang dikumpulkan dan meringkas data dan sifat-sifatnya dengan menggunakan ukuran tendensi sentral dan ukuran dispersi. 

Statistik deskriptif biasanya digunakan apabila kita ingin menggambarkan rata-rata, kecenderungan, nilai yang paling sering keluar, dan lain-lain yang umumnya menggambarkan kondisi umum suatu data atau populkasi.

Statistik Inferensial

Metode statistik ini digunakan untuk menarik kesimpulan dari data. Statistik inferensial memerlukan uji statistik yang dilakukan pada sampel, dan itu menarik kesimpulan dengan mengidentifikasi perbedaan antara 2 kelompok. 

Pengujian menghitung nilai p yang dibandingkan dengan peluang peluang() = 0,05. Jika p-value lebih kecil dari , maka dapat disimpulkan bahwa p-value signifikan secara statistik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan