Media

Analisis Penulisan Naskah Digital pada Portal Berita CNN Indonesia

6 Februari 2018   16:42 Diperbarui: 13 Februari 2018   15:29 962 1 0

sumber: www.cnnindonesia.com dapat diakses di 

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20180205094207-20-273809/katulampa-siaga-satu-9-jam-lagi-air-tiba-di-pintu-manggarai

Tidak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi berkembang sangat cepat. Teknologi-teknologi baru bermunculan dalam waktu yang singkat. Mulai dari alat komunikasi, transportasi, bahkan alat rumah tangga. Teknologi baru ini diciptakan untuk mempermudah segala kegiatan manusia, salah satunya dalam memperoleh suatu informasi.

Ya, di era digital ini terjadi banyak perubahan, salah satunya kemudahan seseorang untuk memperoleh informasi. Ketika ada sebuah pemberitaan, seseorang tidak lagi harus menunggu siaran tv atau mendengarkan siaran radio, namun mereka dapat memperoleh informasi melalui gadgetnya hanya dalam hitungan detik dari jenjang waktu peristiwa. Hal ini memberikan dampak adanya transformasi dari penyedia berita yang konvensional berubah ke digital, sehingga saat ini berita tidak lagi hanya disiarkan di televisi dan radio, namun juga di tulis secara online.

Penulisan onlineini dapat disebut sebagai penulisan naskah digital. Meskipun terkesan mudah, seorang penulis naskah digital tetap harus memiliki tulisan yang berkualitas. Lalu, seperti apa tulisan yang baik dan berkualitas? Roy Peter Clark menyajikan 50 kriteria teknis penulisan yang dapat membantu membuat tulisan menjadi baik dan berkualitas. Untuk mengetahui lebih lanjut, saya mengambil contoh empat kriteria untuk menganalisis suatu tulisan berita, dan dapat dilihat selengkapnya dibawah ini.

               

Analisis Naskah Digital Berdasarkan buku "50Writting Tools"

Pada artikel ini, saya akan mencoba untuk menganalisis salah satu pemberitaan di portal CNN Indonesia (www.cnnindonesia.com) yang berjudul "Katulampa Siaga Satu, 9 Jam Lagi Air Tiba di Pintu Menggarai" yang diunggah pada hari Senin 5 Februari 2018 pada pukul 09:48. Saya mencoba menganalisis berita ini menurut pandangan saya dan berpedoman tulisan tentang 50 Writting Tools yang ditulis oleh Roy Peter Clark. Saya mengambil 4 kriteria dari 50, yaitu branch the right, use punctuation, seek original image, and dig for concrete and specificuntuk menganalisis tulisan berita tersebut. Berikut penjelasannya: 

  • Branch to the right

Branch to the rightartinya bercabang ke kanan. Hal ini terkait dengan teknis penulisan subjek dan predikat. Mulailah menulis kalimat dengan subjek dan kata kerja, lalu biarkan kalimat itu bercabang ke kanan. Maksutnya adalah klausa utama akan berada di sebelah kiri, lalu elemen lainnya akan mengikuti ke arah kanan. Sedangkan, penulisan dengan struktur subjek dipisah dengan kata kerja, sebenarnya bisa saja dilakukan ketika seorang penulis ingin membuat suasana ketegangan dan bertanya-tanya. Sehingga pada intinya, menulis dengan branch to the rightakan mempermudah pembaca untuk menerima informasi dari tulisan sang penulis. Jika dilihat dari tulisan pada portal CNN Indonesia yang saya pilih, tulisan ini sudah memenuhi kriteria branch to the right.Struktur subjek, predikat, dan objek pada setiap kalimat di berita ini sudah jelas. Subjek tidak dipisah dengan kata kerja, dan tidak diselipi dengan kalimat yang bertele-tele. Berita yang saya pilih adalah berita tentang bencana alam pada suatu daerah, sehingga berita ini sifatnya memiliki nilai pada hajat hidup orang banyak dan memiliki tingkat urgensi yang tinggi. Maka unsur branch to the rightsangat penting dalam penulisan berita seperti ini. Pembaca akan lebih mudah menangkap informasi, dan tidak mebuat pembaca bingung dan bertanya-tanya ketika membaca berita tersebut.

  • Use Punctuation

Tanda baca juga merupakan hal penting dalam sebuah tulisan. Tanda baca digunakan untuk mengendalikan kecepatan dan ruang. Artinya, tanda baca membantu mengatur kecepatan membaca, dan membagi kata, frase, dan gagasan menjadi ruang nyaman untuk dibaca. Sebagian besar tanda baca digunakan(titik, koma, dll), dan tanda baca lainnya adalah opsional. Kembali dikaitkan dengan tulisan pemberitaan tentang Katulampa pada portal CNN Indonesia, tulisan tersebut sudah memenuhi kriteria use punctuation.Dapat dilihat bahwa tulisan tersebut menggunakan tanda baca, dan menggunakan tanda baca sesuai dengan kebutuhannya. Isi dari tulisan yang saya pilih, adalah mengenai Katulampa yang sudah mencapai siaga satu dan banjir nyaris memasuki kawasan Jakarta. Ketika saya memposisikan saya sebagai pembaca yang berada di wilayah dekat dengan tempat kejadian, maka saya memiliki perasaan tegang dan panik, hal ini dapat mempengaruhi cara saya membaca suatu informasi. Dengan adanya tanda baca, pembaca yang sedang panik dapat terbantu untuk dapat memahami isi dari pemberitaan tersebut.

  • Seek original images

Keberadaan visual juga dapat mempengaruhi suatu penulisan berita. Visual atau gambar dapat dijadikan pelengkan dan pendukung di dalam sebuah tulisan. Selain membuat tulisan menjadi menarik untuk dibaca, dengan adanya visual dapat mempermudah para pembacanya untuk membayangkan isi tulisan tersebut. Namun, penting bagi penulis untuk memastikan gambar yang dipilih itu sesuai dengan konten berita. Selain itu, penting juga untuk memberikan keterangan dari mana gambar itu di ambil, agar dapat dinilai konkret dan kredibel. Tulisan pemberitaan pada portal CNN Indonesia yang saya pilih sudah memenuhi kriteria seek original images.Dimana pada berita tersebut disajikan visual yang menggambarkan betapa derasnya air sungai yang sedang banjir di daerah Bogor tersebut. Dalam berita tersebut juga diberi keterangan, darimana gambar tersebut diperoleh, sehingga dapat dipastikan gambar tersebut memang diambil dari tempat kejadian dan bukan sekedar rekayasa penulis.

  • Dig for the concrete and specific

Menggali tulisan dengan konkrit dan spesifik memberikan unsur kredibel pada tulisan tersebut. Hal ini penting terlebih dalam penulisan berita, dimana penulis akan menuliskan sebuah fakta. Tulisan berita harus mampu membuat pembacanya percaya akan fakta yang disampaikan, maka bisa digali dengan menyajikan data yang konkrit dan berasal dari narasumber yang terpercaya, seperti: BMKG, BPS, dll. Pada berita ini, sudah terdapat penggalian data, dimana penulis menyajikan data dari Badan Penanggungan Bencana Daerah. Tetapi, informasi yang digali kurang spesifik. Dalam tulisan hanya disajikan mengenai bagaimana pendapat dari Humas Badan Penanggungan Bencana Daerah yang mengemukakan kondisi air sungai saat ini dan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi. Belum disajikan data atau hal yang spesifik bagaimana air sungai itu diperkirakan 9 jam dapat sampai ke daerah Jakarta. Hal ini penting untuk dapat mengajak pembaca untuk berpikir logis. Selain itu juga agar tulisan berita ini tidak dianggap hoax oleh para pembacanya.

Sehingga, dapat disimpulkan pada analisis saya bahwa penulisan berita "Katulampa Siaga Satu, 9 Jam Lagi Air Tiba di Pintu Manggarai", yang ada pada portal CNN Indonesia sudah memenuhi tiga kriteria penulisan pada 50 Writting Tools by Roy Peter Clark,yaitu branch the right, use punctuation, and seek original images.Namun, padabagian dig for the concrete and specific,sebaiknya tulisan ini mampu menyajikan data yang lebih konkrit agar tidak dinilai sebagai hoax.