Mohon tunggu...
Bayu Samudra
Bayu Samudra Mohon Tunggu... Freelancer - Penikmat Semesta

Secuil kisah dari pedesaan

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

Ubah Daya PLN Kian Mudah dengan PLN Mobile

4 Mei 2022   13:15 Diperbarui: 4 Mei 2022   13:28 187 14 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Jepretan pribadi aplikasi PLN Mobile di Playstore

Kini PLN Mobile semakin baik, semua urusan kelistrikan kamu tuntas dalam 24 jam. Rasakan manfaatnya sekarang!

Serasa menjadi brand ambassador perusahaan plat merah berlogo petir. Hehe. Ingat, tulisan ini tidak terafiliasi dengan PT PLN (Persero) Tbk. Toh, saya gak dapat token listrik gratis juga.

PLN Mobile adalah aplikasi besutan PLN yang diluncurkan pada 2016 lalu. Hadirnya aplikasi ini dapat mempermudah urusan masyarakat perihal kelistrikan di rumah masing-masing. Pasalnya mulai dari urusan pasang meteran listrik, ubah daya (turun daya dan naik daya), pengaduan kelistrikan, pembelian token listrik untuk yang prabayar, pembayaran tagihan listrik, dan kalkulasi penggunaan daya listrik otomatis ada dalam satu aplikasi ini. 

Dan semuanya berfungsi dengan sangat baik. Komplit.

Hal itu telah saya buktikan beberapa waktu lalu, 27 April 2022. Rumah orangtua saya, saya belum punya rumah sendiri (numpang) pengeluaran biaya listrik amat tinggi, sebab daya yang dipakai adalah 1300 VA. Terlebih lagi sebagai upaya menggalakkan efisien energi. 

Jepretan pribadi di aplikasi PLN Mobile
Jepretan pribadi di aplikasi PLN Mobile

Tidak punya AC, kan masih tinggal di desa, di dalam rumah masih sejuk apalagi di luar rumah. Gak perlu ada kulkas, toh isinya hanya air dan es batu melulu, gak biasa nyadangin daging atau ikan tuna—gak mampu beli. Tidak menyediakan dispenser, yang kalau mau bikin kopi dan teh tinggal pencet aja, masih mengandalkan kompos gas di dapur. Tak perlu tungku perapian otomatis juga, gak sedingin kutub utara kok, masih bisa diselimutin.

Itulah alasan saya mengubah daya, turun daya dari 1300 VA ke 900 VA. Selain efisien energi, juga usaha menekan pengeluaran bulanan yang memuncak.

Usaha permohonan ubah daya tersebut, saya layangkan secara elektronik melalui aplikasi PLN Mobile. Ya sesekali (baca: keharusan) menikmati kemajuan teknologi. Apa gunanya ada teknologi jika masih bekerja dengan metode jadul? Bukankah teknologi diciptakan sebagai upaya mempermudah kehidupan manusia.

Caranya cukup mudah, gampang, dan simple. Pertama, unduh PLN Mobile di Google PlayStore. Buat akun dengan verifikasi identitas KTP (isi data, unggah foto KTP, dan swafoto bersama KTP). Setelah terverifikasi, baru bisa memanfaatkan fitur yang ada dalam aplikasi PLN Mobile, salah satunya ubah daya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan