Mohon tunggu...
Bayu Samudra
Bayu Samudra Mohon Tunggu... Pemerhati Pendidikan dan Sosial Budaya

Secuil kisah dari pedesaan

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Dana Subsidi Pulsa Belum Cair, Pemerintah Niat Tidak?

23 Agustus 2020   10:11 Diperbarui: 23 Agustus 2020   10:15 154 50 14 Mohon Tunggu...

Bergulir rencana subsidi pulsa bagi seluruh siswa-siswi di Indonesia. Mengingat adanya pandemi korona yang mesti melaksanakan pembelajaran dari rumah atau pembelajaran daring. 

Orang tua adalah rekening tabungan anak. Sedangkan mereka kehilangan pekerjaan. Mengalami pemotongan gaji. Bahkan terkena sakit covid-19. Maka, menyeruap keluhan orang tua pada pemerintah*. Sebab, kegiatan belajar mengajar dialihkan ke daring. 

Jelas. Orang tua harus memfasilitasi anak dalam menempuh pendidikan daring. Seperti membelikan gawai, mengisi kuota internet, dan menjadi guru dadakan. Susah, ruwet, jlimet, dan ogah. Kesal pada pemerintah.

Sungguhkah ada subsidi pulsa atau subsidi gawai bagi pelajar? 

Dana telah disiapkan. BOS pun dapat digunakan. Nyatanya, masih beku. Itulah fakta dilapangan. Rencana digembar-gemborkan. Konsep pembelajaran jarak jauh pun dibangun. Kurikulum pendidikan daring disiapkan. Tapi, masyarakat belum siap. Jadi, kudu tunggu hingga kapan? 

Tidak pelu menunggu masyarakat Indonesia siap. Situasi dan kondisinya saja yang tak pas. Kenapa mesti pada saat Indonesia menderita wabah. Baru disusun. Baru disajikan. Kenapa tidak dari dulu saja.

Masalah subsidi pulsa, pemerintah sudah mengantongi prosedurnya. Namun, mengapa belum mengambil kuda-kuda. Masih duduk nyaman melihat keteleran para pelajar di tanah Pertiwi. Kapan direalisasikan?

Subsidi pulsa saja ribet. Apalagi, subsidi gawai. Sebenarnya, pemerintah niat tidak?

Hingga kini, memasuki minggu ketujuh pembelajaran daring. Belum serupiah pun subsidi pulsa itu masuk ke tangan para pelajar.

Sesungguhnya, permintaan subsidi pulsa atau subsidi kuota data internet sudah sejak akhir Mei 2020. Mengingat, sekolah akan segera memulai pembelajaran. Tapi, tak ada kejelasan. Hingga beberapa hari lalu, terdengar kabar akan ada gelontoran subsidi pulsa (berita tertanggal 6 Agustus 2020). Sekarang sudah tanggal berapa?

Kenapa begitu lama proses pencairan dana subsidinya? Ataukah sengaja diulur-ulur menanti para orang tua menjerit, menunggu para siswa-siswi sekarat, baru melelehkan bantuan. Percuma. Sudah mati.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x