Mohon tunggu...
MUHAMMAD FAUZANNUR
MUHAMMAD FAUZANNUR Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA DI UNIVERSITAS ISLAM NEGRI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

SAYA ADALAH SALAH SATU MAHASISWA DAN MAHASANTRI DI SALAH SATU UNIVERSITAS DI MALANG LEBIH TEPATNYA MAHASISWA SEMESTER SATU DAN SAYA MEMILIKI HOBI MENGHITUNG

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kenapa Sih Indonesia Tidak Dijadikan Negara Khilafah, Justru Menganut Ideologi Pancasila?

26 September 2022   06:35 Diperbarui: 26 September 2022   06:45 440 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

    Kata khilafah sudah pasti sering terdengar di kalangan umat muslim, tapi tidak semua orang tahu apa arti dari kata khilafah itu sendiri. Secara bahasa khilafah adalah penguasa ataupun kepemimpinan. Sedangkan secara istilah khilafah di Indonesia bisa diartikan sebagai sistem pemerintahan yang menganut hukum-hukum islam.

     Sudah pasti kita sebagai warga negara Indonesia menolak adanya sistem khilafah di Indonesia, mengapa? Karena sistem khilafah sangat tidak sesuai dengan negara Indonesia yang mana negara ini bukan hanya ada satu agama melainkan berbagai agama ada di Indonesia. Hal itu menjadi salah satu faktor tidak cocoknya sistem khilafah di terapkan di Indnesia. 

Maka dari itu Indonesia yang paling cocok menganut Ideologi Pancasila yang di dalamnya terdapat keseimbangan antara sesama warga negara Indonesia yang agamanya beragam.

     Ideologi pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang tepat diterapkan, karena Indonesia itu negara majmuk yang mana didalamnya terdapat berbagai ragam agama, suku, budaya, dan masih banyak lagi keberagaman di Indonesia ini.

     Jangankan Indonesia, negara-negara di Timur Tengah pun yang menjadi pusat perkembangan islam tidak menganut sistem khilafah. Dan sampai saat ini tidak ada negara yang menganut sistem khilafah sebagai dasar negara ataupun sebagai ideologi bagi negaranya.

Dan uniknya, walaupun di Indonesia tidak menganut sistem khilafah tetapi ideologi yang dipakai di Indonesia Tidak bertentangan dengan ajaran agama islam. 

Menurut para Ulama jika Indonesia diterapkan akan membuat negara ini menjadi tidak rukun, seperti di Bali yang mana mayoritas warga bali menganut agama Hindu dan di Papua yang mayoritas menganut agama Kristen.

Dari sini saja kita sudah dapat menyimpulkan jika di Indonesia di paksakan untuk memakai sistem khilafah maka yang akan terjadi kota-kota yang agama islamnya masih minoritas mereka akan berusaha kuat untuk keluar dari negara Indonesia.

Karena jika di paksakan seluruh warga Indonesia agar pindah agama Islam itu sangat bertolak belakang dengan ajaran agama Islam sendiri yang mana sudah di Jelaskan di dalam Al-Qur'an supaya tidak ada paksaan dalam beragama, yang mana hal tersebut dapat menimbulkan ketidakikhlasan dalam beragama yang berdampak pada keimanan dan ketakwaan kepada ALLAH SWT.

Jangankan orang-orang yang terpaksa masuk agama Islam, bahkan orang-orang yang memang dari lahir sudah beragama Islam masih ada saja yang merasa keberatan dan merasakan iman serta taqwanya masih ada di tingkat menengah ke bawah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan