Mohon tunggu...
Barantum
Barantum Mohon Tunggu... Konsultan - Profil Bisnis

Software Developer Spesialis CRM dan Call Center berbasis Cloud, dengan visi memajukan Pertumbuhan Bisnis di Indonesia dengan memaksimalkan kinerja SDM Penjualan melalui metode pendekatan kebutuhan Pelanggan.

Selanjutnya

Tutup

Money

Ini Dia 10 Manfaat CRM yang Bisa Bikin Bisnismu Makin "Melonjak"

22 Juni 2022   12:26 Diperbarui: 22 Juni 2022   12:53 50 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Aplikasi CRM (sumber: majoo.id)

Semua Pebisnis Pasti Ingin Bisnisnya Berkembang!

Semua pebisnis pasti ingin bisnis yang dimilikinya semakin maju dan berkembang. Untuk bagaimana cara menggapai tujuan tersebutlah yang menjadi PR untuk mereka (pebisnis).

Dalam mewujudkan hal tersebut, pebisnis akan melakukan berbagai strategi bisnis lalu mengevaluasinya. Begitu seterusnya hingga mendapatkan strategi yang tepat untuk bisnis.

Namun, tentulah dalam mewujudkan hal tersebut perlu didukung dengan alat atau sistem yang modern. Mengapa? Agar bisnis Anda lebih mudah untuk berkembang, terlebih di era digital saat ini yang menuntut pebisnis untuk terus mengikuti perkembangan zaman yang Anda.

Sistem Powerfull Yang Wajib Digunakan Oleh Semua Pebisnis

Berbagai macam cara untuk membuat perusahaan atau bisnis semakin maju dan berkembang pun dilakukan. Salah satunya adalah dengan menggunakan sistem penunjang dan pendukung bisnis. Salah satu sistem pendukung dan penunjang bisnis yang wajib digunakan oleh semua pebisnis adalah sistem CRM.

Apa itu CRM? CRM atau Customer Relationship Mangement menjadi sebuah pendekatan atau sistem yang mengelola hubungan antara pihak perusahaan dan pelanggan.

Dengan kata lain, CRM adalah sebuah sistem yang dapat memaksimalkan komunikasi dan pemasaran dengan mempertahankan pelanggan serta memberikan nilai tambah kepada mereka.

Jadi, dengan menggunakan CRM Anda dapat membantu menarik prospek penjualan, mengkonfersi mereka menjadi pelanggan, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada, serta meningkatkan potensi loyalitas pelanggan.

10 Manfaat CRM Untuk Optimalkan Bisnismu

1. Menghemat Biaya

Menggunakan CRM mampu menghemat biaya operasional perusahaan. Mulai dari operasional bisnis Anda semakin efektif dan dapat dikerjakan otomatis dari sistem hingga pendataan informasi pelanggan yang lengkap sehingga dapat melakukan promosi sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

2. Meningkatkan Layanan Pelanggan

Dengan sistem yang terintegrasi membuat divisi satu dengan yang lainnya saling terhubung akan mempercepat proses follow-up atau kegiatan menarik prospek kepada pelanggan sesuai dengan kebutuhan mereka.

3. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan