Mohon tunggu...
Haji Dwi Sugiarto
Haji Dwi Sugiarto Mohon Tunggu... Bergerak Berjuang Ber-Demokrasi

Tiyang Jawi nembe Sinau lan Nyinauni Jawi supados Njawani. Rawe-rawe rantas malang-malang putung.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Sehat Itu Nomor 1

28 September 2020   08:45 Diperbarui: 28 September 2020   09:14 31 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sehat Itu Nomor 1
Olahraga pencak silat/dokpri

Bangsa Indonesia - adalah terdiri dari orang-orang yang mempunyai kreativitas tinggi. Sejarah panjang adanya masyarakat yang brilian - dengan IQ yang tinggi sejak jaman daulu kala. Kemampuan intelgensi yang tinggi dari sisi kecerdasan pemikiran, kecerdasan emosi juga kecerdasan spiritual dapat dibuktikan dengan bukti sejarah nyata dalam perkembangannya.

Sejarah perkembangan komunitas masyarakat dalam pemerintahan bisa dilihat dari adanya peninggalan pernah adanya kerajaan - kerajaan di nusantara ini, bukti itu ada berupa situs - situs istana kerajaan, sosial budaya ( sosbud ) masyarakat di wilayah tertentu , juga peninggalan fisik seperti monumen candi - candi, artefak, senjata khusus yang punya ciri bentuk dan fungsi khusus pula sebagaimana tataran pemegang senjata tersebut.

Tidak ketinggalan pula keistimewaan masyarakat tertentu cara menghibur diri dengan olah raga yang berkelompok atau perorangan. Olah raga yang biasa dilakukan oleh masyarakat nusantara itu antara lain adalah sepak takrow , dayung dengan perahu panjang , pencak silat , petak umpet , gangsing , dakon , gepok lele dan masih banya lagi.

Olah raga yang dihasilkan oleh leluhur di nusantara tersebut ada yang digunakan untuk penguatan keprajuritan sebagai bekal kemampuan dalam menjaga keamanan wilayah yaitu pencak silat , dimana dalam pengajarannya tentang kemampuan fisik dalam ketahanan , kemampuan menggunakan segala jenis senjata juga kemampuan rohaniah sebagai wujud pengendalian emosi diri dan lingkungan.   

Budaya olah raga yang diakuin secara International diantaranya pencak silat, sepak takrow dan dayung dengan perahu panjang , ketiga jenis olah raga ini sudah diperlombakan dalam Asian Games 2018 kemarin di Indonesia.

Pencak Silat/dokpri
Pencak Silat/dokpri
Eyang Suro/istimewa
Eyang Suro/istimewa
Salah satu media untuk meningkatkan imun kesehatan di masa pandemi corona virus covid19 adalah dengan olah raga, salah satunya pencak silat Merpati putih , Setia Hati , Tapak Suci , Pagar Nusa , Beksi , Perisai Diri dan masih banyak lagi nama perguruan pencak silat yang sudah mendunia ini.

Dengan olah raga kita jaga kesehatan diri , keluarga juga lingkungan. Selain sehat jasmani juga sehat rohani.

Salam Pencak Silat - Salam Sehat - jauh dari covid19. 

Jakarta , 28 September 2020

Haji Dwi Sugiarto

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x