Mohon tunggu...
Bambang Subroto
Bambang Subroto Mohon Tunggu... Lainnya - Menikah, dengan 2 anak, dan 5 cucu

Pensiunan Badan Usaha Milik Negara, alumni Fakultas Sosial & Politik UGM tahun 1977. Hobi antara lain menulis. Pernah menulis antara lain 2 judul buku, yang diterbitkan oleh kelompok Gramedia : Elexmedia Komputindo. Juga senang menulis puisi Haiku/Senryu di Instagram.

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Ulang Tahun Kenangan Masa Kecil

10 September 2022   07:20 Diperbarui: 10 September 2022   07:24 69 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Biasanya masa kecil lebih mudah bergairah. Hari-harinya bermain, tidak terlalu banyak ingin. Paling, kalau mendengar bunyi pecah belah yang dipukul sendok, sudah puas dengan kado bakso dua mangkok.

Melewati usia sepuluh tahun, muncul beberapa keinginan baru. Hobinya mulai dikembangkan, kadonya pun tak lagi sembarang. Terkadang memaksakan kehendak, khas kanak-kanak.

Seperti bunga yang akan mekar. Besar kuntumnya mulai tersenyum di antara sulur-sulur yang erat berpelukan dekat. Lalu disibakkannya, agar mulai mampu melihat keindahan dunia luar sana.

Saat masih kecil, tergelar masa depan yang panjang. Menghadapi berbagai kemungkinan, kepolosan pun hilang. Kadang melemah, sering juga bergairah. Sungguh sulit meramalkan apa yang akan terjadi bagi seseorang. Kini semuanya masih selayang pandang. Belum muncul penghayatan, sehingga momentum itu mirip dengan tahun yang rutin diulang-ulang.

Pada hakikatnya pikiran itu bebas menggapai tujuan yang berbatas. 

Setiap momentum ulang tahun mestinya mampu memaknai kebebasan itu, yang khas, sesuai dengan kebutuhan kini dan di sini. "Liberae sunt nostrae cogitations".

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan