Mohon tunggu...
Bambang Irwanto Soeripto
Bambang Irwanto Soeripto Mohon Tunggu... Penulis freelance - Penulis cerita anak, blogger, suka jalan-jalan, suka wisata kuliner, berbagi cerita dan ceria

Bercerita yang ringan-ringan saja, dan semoga membawa manfaat.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Kampanye Pemilu Mulai, Awas Teman Berkurang

30 November 2023   09:16 Diperbarui: 30 November 2023   09:23 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kampanye pemilu 2024 mulai berjalan. Capres-cawapres mulai berkeliling ke daerah-daerah untuk membeberkan apa saja program-programnya untuk 5 tahun ke  depan.


Dalam tulisan ini saya tidak ingin menyorot soal itu. Saya akan lebih membahas soal pertemanan Saat kampanye. Dan pastinya,  ini tulis sesuai pengamatan dan pengalaman Saya sendiri.

Pilihan Berbedanya Itu Biasa

Pilihan berbeda itu biasa dan hal wajar dalam kehidupan. Karena pads dasarnya, hidup ini ada, indah dan berwarna karena perbedaan. Namun namanya juga tiap orang berbeda- beda, termasuk kembar identik yang dari satu sel telur pun memiliki perbedaan. Apalagi kalau cuma saudara atau orang lain.

Hanya saja, tidak semua orang bisa menerima perbedaan. Apalagi kalau didasari pertemanan, jadi kalau seseorang pilih A, bagusnya sih temannya juga pilih A. Biar klop.Tadi kan, tidak semua bisa begitu. Sama si A bisa klop, tapi sama di B dan si C kan belum tentu

Makanya soal pilihan ini kadang membuat pertemanan putus. Termasuk soal pilihan saat pemilu.Padahal sih, saling menghargai pilihan saja. Apalagi pemilu kan bebas umum dan rahasia.

Jangan Kepo, Nanti Baper

Saat pemilu lalu ada teman penulis cerita anak yang japri ke saya. Memang kami juta cukup akrab dan  sering interaksi seputar menulis.

 kala itu dia terang-terangan bertanya kalau saya pilihannya apa saat pemilu nanti. 1, 2 atau 3? Hahaha.

Saya pun setengah bercanda menjawab, rahasia Mbak. Kerena seperti yang sudah saya tuliskan di atas, Pemilihan Umun itu bebas umum dan rahasia. Kalau dilakukan secara umum, Saya bebes memilih sesuai hati nurani, Dan tentu saja rahasia. Kalau bisa hanya saya dan Tuhan yang tahu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun