Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Aku Manusia Soliter, Latihan Moksa

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Berpikir (3)

25 September 2022   21:16 Diperbarui: 26 September 2022   10:09 224
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Berpikir {1} Aku Berpikir maka Aku Ada

"Meditasi atau kontemplasi Metafisik". Rene Descartes memulai "Meditasi Metafisik" yang menguraikan situasi di mana ia secara pribadi menemukan dirinya mengenai pengetahuan. Setelah menemukan, dalam apa yang dia pikir dia miliki, lebih banyak alasan untuk keraguan daripada kepastian, dia bermaksud untuk menyelidiki masalah ini secara menyeluruh, untuk menentukan apakah ada sesuatu yang benar di dunia dan, jika tidak, setidaknya dia akan yakin itu. itu tidak benar, sama sekali tidak ada kebenaran. Metode yang diusulkan untuk diterapkan didasarkan pada keraguan, sehingga segala sesuatu yang ada sedikit alasan untuk keraguan akan dianggap salah; Maka, bukan Descartes menjadi skeptis: ini tentang apa yang disebut "keraguan metodis" (atau juga "hiperbolik", karena terkadang berlebihan) yang, seperti yang akan kita lihat, akan mengarah pada dogmatisme.

Sehubungan dengan penerapan keragu-raguan sebagai metode penelitian, Descartes menekankan pencarian kepastian sebagai tujuannya. Dia menganggap  pengetahuan, untuk dianggap benar, harus memiliki karakteristik kepastian, yang berarti semacam keamanan dalam kebenaran pengetahuan. Sebagai contoh, proposisi 2 + 2 = 4 tampaknya benar bagi kita semua; baik, Descartes juga akan mengharuskan kita yakin akan kebenaran proposisi itu untuk menganggapnya sebagai pengetahuan yang benar. Kepastian berarti, kemudian, keamanan dalam kebenaran pengetahuan kita. Akibatnya, bayangan keraguan sekecil apa pun akan membuat kepastian itu hilang dan Descartes akan menganggap perlu untuk mengasimilasi pengetahuan semacam itu dengan pengetahuan palsu. Oleh karena itu perlu dilakukan pemeriksaan apakah pengetahuan yang kita anggap benar memiliki karakteristik itu atau tidak, dan mungkin atau mungkin tidak diragukan. Tidak perlu memeriksa semuanya; Cukuplah untuk memeriksa prinsip-prinsip di mana mereka didirikan, dan seperti sebuah bangunan runtuh jika fondasinya runtuh, demikian pula bangunan pembelajaran akan runtuh jika prinsip-prinsip yang didirikannya terbukti diragukan.

Keraguan (skeptisisme). Descartes akan mendedikasikan meditasi pertama untuk memeriksa alasan utama keraguan yang dapat mempengaruhi semua pengetahuannya.

1) Indra disajikan sebagai sumber utama pengetahuan kita; Sekarang, berkali-kali aku  menemukan  indra aku  menipu aku , seperti ketika aku  memasukkan tongkat ke dalam air dan tampaknya patah, atau ketika sebuah menara tampak bulat di kejauhan dan ketika aku  mendekat, aku  mengamati  itu persegi, dan serupa situasi. Tidaklah bijaksana untuk memercayai seseorang yang telah menipu kita pada suatu kesempatan, sehingga perlu untuk mempertanyakan dan, oleh karena itu, menahan (berasimilasi dengan yang salah) semua pengetahuan yang berasal dari indera. Karena itu aku  dapat menganggap tidak ada kepastian dalam pengetahuan ini, dan menganggap salah semua yang berasal dari indra.

   2)Namun, mungkin tampak berlebihan bagi aku  untuk meragukan segala sesuatu yang aku  rasakan melalui indera, karena tampak jelas bagi aku   aku  ada di sini dan hal-hal seperti itu; tetapi, kata Descartes, keamanan dalam data sensitif langsung ini juga dapat dipertanyakan, karena kita bahkan tidak dapat dengan jelas membedakan terjaga dari tidur, (apa yang terjadi pada kita saat kita berpikir  kita terjaga atau saat kita tertidur). Berapa kali aku  memimpikan situasi yang sangat nyata, ketika aku  bangun, aku  mengerti  itu adalah mimpi? Ketidakmampuan untuk membedakan tidur dari terjaga, betapapun berlebihan tampaknya bagi aku , harus membawa aku  tidak hanya untuk memperluas keraguan untuk segala sesuatu yang masuk akal, tetapi juga ke alam pikiran aku , termasuk operasi paling intelektual, yang sama sekali tidak tampak. untuk berasal dari indra.

3) Meskipun demikian, tampaknya ada pengetahuan tertentu yang tidak dapat aku  ragukan secara wajar, seperti pengetahuan matematika. Namun, Descartes memunculkan kemungkinan  Tuhan yang sama yang telah aku  ciptakan dapat menciptakan aku  sedemikian rupa sehingga ketika aku  menilai  2+2 = 4 aku  salah; pada kenyataannya, itu kadang-kadang membuat aku  salah, jadi itu bisa membuat aku  selalu salah, bahkan ketika aku  menilai kebenaran sebagai "jelas" sebagai kebenaran matematis. Dalam hal ini, semua pengetahuan aku  akan diragukan dan, oleh karena itu, menurut kriteria yang ditetapkan, semuanya harus dianggap salah.

4) Namun, karena kemungkinan sebelumnya mungkin tampak menyinggung orang percaya, Descartes mengajukan pilihan lain:  ada seorang jenius jahat yang selalu campur tangan dalam operasi mental aku  sedemikian rupa sehingga membuat aku  terus-menerus menganggap yang salah sebagai benar, sehingga Aku selalu menipu diriku sendiri. Dalam hal ini, karena aku  tidak dapat mengesampingkan kemungkinan seperti itu, karena aku  kadang-kadang benar-benar menipu diri sendiri, aku  harus menganggap semua pengetahuan aku  diragukan. Dengan demikian, keraguan juga harus mencakup semua pengetahuan yang tampaknya tidak berasal dari pengalaman.

  Keraguan berkembang, kemudian, dari yang masuk akal ke yang dapat dipahami, mencakup totalitas pengetahuan aku , melalui empat momen yang ditunjukkan di atas. Aku  tidak hanya harus meragukan semua pengetahuan yang berasal dari indra, tetapi juga yang tampaknya tidak berasal dari indra, karena aku  tidak dapat menghilangkan ketidakpastian yang mengelilinginya.

Kebenaran pertama: " Aku Berpikir maka Aku Ada. Pada meditasi kedua, meninjau situasi bingung di mana ia menemukan dirinya di akhir yang pertama, melihat dirinya dipaksa untuk meragukan segalanya, Descartes menyadari, bagaimanapun, untuk ditipu dia harus ada, dari apa yang dia rasakan berikut ini proposisi: " Aku Berpikir maka Aku Ada", ( "cogito, sum" ), harus benar, setidaknya ketika ia berpikir: "Jadi setelah memikirkannya dan memeriksa semua hal dengan cermat, seseorang harus menyimpulkan, dan pasti ,  proposisi ini: Aku Berpikir maka Aku Ada, selalu benar, setiap kali aku  mengucapkannya atau membayangkannya dalam pikiran aku ". Proposisi itu mengatasi semua alasan keraguan: bahkan dalam hipotesis keberadaan jenius jahat yang membuat aku  selalu salah, ketika aku  berpikir  2 dan 2 adalah empat, misalnya, perlu bagi aku  untuk salah, itu ada. Proposisi, "Aku  pikir, maka aku  ada" ini disajikan dengan kejelasan dan perbedaan total, sehingga menolak semua alasan keraguan dan menikmati kepastian mutlak. Ini adalah kebenaran pertama yang bisa aku  yakini, yang bisa aku  katakan sudah terbukti dengan sendirinya. Karena karakteristik yang dengannya bukti tersebut disajikan kepada aku  adalah kejelasan dan perbedaan, kedua sifat ini akan dianggap oleh Descartes sebagai karakteristik yang harus dimiliki setiap proposisi untuk dianggap benar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun