Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum : Tan keno kinoyo ngopo

Berpikir tentang Seni adalah Janji Kebahagian Umat Manusia untuk mencari Cinta yang paling luhur

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Psikoanalisis Heidegger dan Lacan

14 September 2022   10:51 Diperbarui: 14 September 2022   14:46 551
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Psikoanalisis  Martin Heidegger, dan Jacques Lacan;

Jacques Lacan , selengkapnya Jacques Marie Emile Lacan , (lahir 13 April 1901, Paris, Prancis meninggal 9 September 1981, Paris), psikoanalis Prancis yang memperoleh reputasi internasional sebagai penerjemah aslikarya Sigmund Freud. Lacan memperoleh gelar medis pada tahun 1932 dan menjadi psikiater dan psikoanalis praktik di Paris untuk sebagian besar karirnya. 

Dia membantu memperkenalkan teori Freudian ke Prancis pada 1930-an, tetapi dia menjadi terkenal hanya setelah dia mulai mengadakan seminar reguler di Universitas Paris pada tahun 1953.

 Dia memperoleh status selebritas di Prancis setelah publikasi esai dan kuliahnya di crits (1966). Dia mendirikan dan mengepalai sebuah organisasi bernama Sekolah Freudian Paris dari tahun 1964 sampai dia membubarkannya pada tahun 1980 karena apa yang dia klaim sebagai kegagalannya untuk mematuhi prinsip-prinsip Freudian dengan cukup ketat.

Lacan menekankan keutamaan daribahasa sebagai konstitutif dari alam bawah sadar, dan ia mencoba untuk memperkenalkan studi bahasa (seperti yang dipraktekkan dalam linguistik modern , filsafat, dan puisi) ke dalam teori psikoanalitik. Prestasi utamanya adalah reinterpretasi karya Freud dalam hal linguistik struktural yang dikembangkan oleh penulis Prancis pada paruh kedua abad ke-20. 

Pengaruh yang diperolehnya meluas jauh melampaui bidang psikoanalisis untuk menjadikannya salah satu tokoh dominan dalam kehidupan budaya Prancis selama tahun 1970-an. Dalam praktik psikoanalitiknya sendiri, Lacan dikenal karena metode terapeutiknya yang tidak ortodoks, dan bahkan eksentrik.

Martin Heidegger, (lahir 26 September 1889, Messkirch, Schwarzwald , Jerman dan meninggal 26 Mei 1976, Messkirch, Jerman Barat), filsuf Jerman, termasuk di antara eksponen utama eksistensialisme . 

Karyanya yang inovatif diontologi (studi filosofis tentang keberadaan, atau keberadaan) danmetafisika menentukan jalannya filsafat abad ke-20 di benua Eropa dan memberikan pengaruh yang sangat besar pada hampir setiap disiplin humanistik lainnya , termasuk kritik sastra ,hermeneutika , psikologi, dan teologi .

 Heidegger adalah putra seorang sexton dari gereja Katolik Roma lokal di Messkirch, Jerman . Meskipun ia dibesarkan dalam lingkungan yang sederhana, bakat intelektualnya yang jelas membuatnya mendapatkan beasiswa agama Katolik untuk melanjutkan pendidikan menengahnya di kota tetangga, Konstanz.

Saat berusia 20-an, Heidegger belajar di Universitas Freiburg di bawah Heinrich Rickert danEdmund Husserl . 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun