Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo_Academic Tools
APOLLO_ apollo_Academic Tools Mohon Tunggu... Dosen - Tan keno kinoyo ngopo

Sementara waktu__ izin saya minta maaf dan mohon maaf sekali lagi, jika belum bisa atau tidak sempat membalas komentar, atau vote, terima kasih

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kapitalisme dan Demokrasi Ekonomi Indonesia (10)

15 Juli 2022   13:52 Diperbarui: 15 Juli 2022   13:58 166 12 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kapitalisme, dan Demokrasi Ekonomi Indonesia (10)

Lawan kapitalisme adalah sosialisme. Sosialisme adalah sebuah ideologi di mana kebebasan, kesetaraan dan persaudaraan diakui sebagai nilai-nilai inti. Para pendukung listrik telah mencoba untuk mengubah masyarakat berdasarkan kepemilikan pribadi menjadi masyarakat kesetaraan sosial.

Istilah "sosialisme" pertama kali digunakan oleh P. Leroux dalam karyanya "Individualisme dan Sosialisme" yang berasal dari pertengahan abad ke-19. Sosialisme dipahami sebagai serangkaian tren yang memegang prinsip-prinsip kebebasan, keadilan dan kesetaraan sebagai kunci. Ini termasuk khususnya Marxisme-Leninisme, Reformisme, Sosial Demokrasi, model sosialisme Soviet dan Cina, dll.

Sosialisme bukan hanya sebuah ideologi tetapi juga sebuah sistem sosial. Diyakini  ia harus menggantikan kapitalisme.

Sumber pertama sosialisme adalah karya kaum Sosialis. Khususnya T. Mora (karya "Utopia") dan T. Campanella (karya "City of the Sun"). Mereka membela kebutuhan untuk mengorganisir sistem dominan ke dalam masyarakat yang diorganisir secara kolektif.

Baru pada paruh pertama abad ke-19 muncul para pemikir yang mengkritik kapitalisme dan membela kepentingan kelas pekerja. Di antara para pendiri sosialisme adalah A. Saint-Simon, C. Fourier, dan R. Owen. Mereka mengusulkan konsep rekonstruksi sosial, yang harus didasarkan pada kepemilikan publik dan kesetaraan sosial. Tren ini juga mendapatkan namanya dari sosialisme utopis, karena para pendukungnya percaya  transformasi radikal seperti itu hanya dapat dicapai melalui pendidikan dan pelatihan.

Gagasan utama sosialisme sebagai ideologi

Pembentukan terakhir sosialisme sebagai ideologi terjadi hanya pada paruh kedua abad ke-19 dan dikaitkan dengan nama-nama seperti K. Marx dan F. Engels. Marxisme kemudian diproklamirkan sebagai ideologi proletariat. Ide-ide dasar Marxisme adalah:

  1. - Sosialisme adalah fase pertama komunisme yang menggantikan kapitalisme;
  2. - Milik pribadi dan kelas eksploitasi harus dihancurkan;
  3. -Pembentukan kepemilikan umum dalam kediktatoran proletariat;
  4. -Peran utama partai yang memerintah dan kurangnya pluralisme politik;
  5. - Kurangnya keterasingan dari hasil pekerjaan mereka sendiri;
  6. - Menjamin kesetaraan dan keadilan sosial.

Di Rusia, ideologi Marxisme sedikit diubah dalam konteks Leninisme. Secara khusus, disertasi tersebut dibuat tentang kemungkinan membangun sosialisme di satu negara, serta tentang transisi dari kapitalisme ke sosialisme.

Menurut para pendukung sosialisme, hak milik pribadi merupakan dasar munculnya ketimpangan sosial, oleh karena itu harus dihilangkan dan diganti dengan milik umum (kolektif).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan