Mohon tunggu...
Baizul Zaman
Baizul Zaman Mohon Tunggu... -

lahir di pulau Muna, Desa Pure, Kelurahan Labunia, Tahun 1988. Setelah tamat Sekolah di SMA 2 RAHA, saya melanjutkan kuliah di STMIK Dipanegara Makassar sampai tahun 2010. Tahun 2013 melanjutkan Studi S2 Bidang Teknik Informatika Universitas Hasanuddin.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Mengurai Tantangan J&T Express, Kini dan Akan Datang

24 Desember 2019   18:10 Diperbarui: 24 Desember 2019   18:14 78 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengurai Tantangan J&T Express, Kini dan Akan Datang
J&T Express Menjangkau Nusantara (Sumber : http://jet.co.id/ )

Beberapa waktu belakangan ini, saat informasi lomba menulis tentang J&T Express diumumkan lewat Kompasiana, saya pun mulai rajin berselancar di dunia maya untuk mencari informasi terkait hal ini.

Selain itu, saya juga berdiskusi dengan beberapa pelaku industry digital yang ada di Kota Makassar terkait dengan pengalaman mereka saat menggunakan J&T Exspress sebagai jasa pengiriman barang yang mereka pilih untuk mengantarkan pesanan para pembeli.

Selain itu, saya juga mencoba untuk mencari tau dari beberapa teman yang sering melakukan belanja online dan menggunakan jasa J&T Express untuk mengantarkan barang yang telah dibeli lewat situs E-Commerce.

Dari hasil penelusuran yang saya lakukan, tentu saja ada beragam jawaban yang saya dapatkan. Berita baiknya, J&T Express selalu menjadi pilihan utama karena memang ada kebaruan pelayanan yang mereka tawarkan terhadap pelanggan.

Misalnya, terkait dengan kemudahan dalam mengirim barang karena adanya layanan penjemputan barang di rumah. Dengan hal ini, maka kita tidak perlu lagi repot-repot untuk pergi mengirim barang sendiri. Selain itu, dalam hal aktivasi resi pengiriman barang, J&T Express bisa dikatakan jauh lebih baik dari pesaing-pesaingnya.

Pasalnya, resi pengiriman barang akan langsung aktif pada saat itu juga sehingga kita bias langsung memantau status pengiriman barang pada saat itu juga. Bagi pelaku bisnis, tentu hal ini sangat membantu mereka untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap mereka.

Sebagai pendatang baru di dunia jasa ekspedisi, J&T Express tentu saja tidak lepas dari kekurangan yang akhirnya menimbulkan ketidaknyamanan bagi para pelanggannya.

Sebagaimana yang saya dapatkan dari berbagai hasil penulusuran di lapangan dan lewat internet. Salah satunya seperti ulasan salah seorang pengguna layanan J&T Express yang dituliskan di halaman https://utekno.com yang diikuti oleh ratusan komentar dari pelanggan lainnya yang mengeluhkan masalah pengiriman barang. 

Persoalan yang dominan dialamai oleh mereka rata-rata terkait dengan kurang bertanggungjawabnya pelayanan kurir. Ada yang mendapati barangnya tergeletak begitu saja dihalaman rumah sampai akhirnya terkena hujan dan menjadi rusak.

Ada juga yang status barangnya sudah diterima berdasarkan hasil penelurusan di resi namun ternyata yang bersangkutan belum menerima barangnya. Akan tetapi, saat hendak mengkonfirmasi kepada kurirnya, yang bersangkutan tidak merespon sama sekali. Alhasil, barang itupun hilang dan tidak ditau dimana rimbanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN