Mohon tunggu...
Alfi Azkia
Alfi Azkia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang mahasiswa di Universitas Pendidikan Indonesia kampus daerah Sumedang Prodi Industri Pariwisata angkatan 2021

Selanjutnya

Tutup

Trip

Taman Air Mancur Sri Baduga, Ikon Wisata di Kota Purwakarta

25 September 2022   15:06 Diperbarui: 25 September 2022   15:47 113 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

            Taman Air Mancur Sri Baduga berada di Jl. K.K Singawinata No.73, Nagri Kidul, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Taman Air Mancur Sri Baduga ini dahulunya dikenal dengan nama situ buleud, dinamakan seperti itu karena bentuk situ/danau yang bulat atau lingkaran, lalu pada tahun 2015-2016 dilakukan lah renovasi hingga ditahun 2016 diresmikanlah situ buleud dengan nama barunya yaitu Taman Air Mancur Sri Baduga.

            Seperti Namanya atraksi utama yang disuguhkan pada Taman Air Mancur Sri Baduga ini yaitu pertunjukan air mancur, akan tetapi berbeda dengan yang lain air mancur disini bisa menari atau bergoyang. dengan luas danau kurang 2 hektar dipasang lebih dari 100 pipa yang mengelilingi danau dan bisa memancarkan air hingga 10 meter, denan dihiasi kerlap-kerlip lampu yang bewarna warni dan juga music yang membuat air menari mengikuti irama.

            Pertunjukan air mancur menari ini biasanya dilakukan pada hari sabtu malam pada pukul 19.00 sampai pukul 22.00 pertunjukan ini biasanya dibagi menjadi 2 atau 3 sesi jadi jangan khawatir jika kalian pukul 19.00 tidak dapat masuk kedalam karena masih ada sesi berikutnya. Untuk tiketnya sendiri yaiu tidak dipungut biaya alias gratis, kalian cukup datang saja pada jam pertunjukan untuk menikmati keidahan air mancur menari di Taman Air Mancur Sri Baduga.

            Akan tetapi selama ada Covid 19, pertunjukan air mancur kini tidak gelar, dan baru baru ini pada tanggal 16 juli 2022 pertunjukan air mancur ini digelar Kembali denan penunjung yang dibatas yaitu sekitar 5000 pengunjung, lalu juga ada syarat syarat yan lain yaitu jika ingin menonton pertunjukan harus menggunakan tiket gratis dengan mukarkannya di tempat tempat tertentu seperti Disporaparbud, Galeri Menong 2 dan Radio Pro 93.10 FM Purwakarta. Syarat untuk menukarkan tiket ini yaitu wajib membawa fotocopy KTP, sudah vaksin dosis 3(Booster) dan Scan Barcode di aplikasi Pedulilindungi.

             Disekitar Taman Air Mancur Sri Baduga juga dibuka Wiskul(Wisata Kuliner) yang Bernama Wiskul Tjeplak. Di Wiskul Tjeplak ini tersedia berbagai makanan dari makanan tradisional, jajanan anak anak, atau makanan yang sedang hits atau kekinian dan juga minuman minuman yang sangat menyegarkan, seperti pertunjukan air mancur wiskul ini ada setiap hari sabtu dimulai pada sore hari pada pukul 17.00.

            Taman Air Mancur Sri Baduga ini juga sangat cocok dijadikan tempat olahraga, adanya trek joging disekitar luar Taman Air mancur Sri Baduga membuat warga Purwakarta menjadikannya tempat olahraga yang diminati bahkan hampir setiap hari ada saja orang yang berolahraga di sekitaran Taman Air Mancur Sri Baduga pada pagi atau sore hari.

            Berada pada pusat kota, Menjadikan Taman Air Mancur Sri Baduga sebagai Ikon Wisata di Kabupaten Purwakarta, wisatawan dari luar kota ingin berwisata ke Purwakarta pasti tempat yang dituju adalah Taman Air Mancur Sri Baduga dengan Atraksi pertunjukan air mancur menarinya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan