Mohon tunggu...
Gurujiwa
Gurujiwa Mohon Tunggu... Induk Art Terapis - konsultan - penulis (gurujiwa508@gmail.com) (Instagram :@gurujiwa) (Twitter : @gurujiwa) (Facebook: @gurujiwa))

"Tak perlu jadi tercemerlang, keindahan konfigurasi rasi bintang di langit tercipta, semua bintang bersahaja bersinar, satu dan lainnya tidak merasa lebih" ---Gurujiwa--

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Yang Ringan, Menyegarkan, Roundnet!

29 April 2021   00:12 Diperbarui: 29 April 2021   12:58 273 7 3 Mohon Tunggu...


Keseimbangan fisik perlu dijaga. Meski puasa gerak badan tetap perlu. Bosan dengan pola permainan olahraga lama. Bisa coba roundnet. Sekali coba permainan bola dengan jaring pantul ini, dijamin pasti ketagihan.

Roundnet memang seru. Hanya cukup empat pemain, berpasangan dalam tim masing-masing. Lalu bola dilambungkan ke jaring pantul. Lalu bola dimainkan tiga kali. 

Boleh disentuh, tangan, disundul kepala atau ditendang ke arah jaring pantul di tengah permainan sesulit mungkin, agar lawan kerepotan, bola masuk atau keluar. Nilai bertambah. Siapa mencapai nilai 21.lebih dahulu. Timnya menang.

Permainan bola. Pantul sepenuh hati ini,  tidak memakai wasit, hanya penengah, yang bertugas menengahi perbedaan pendapat soal bola keluar atau masuk, batasan tiga pantulan dan ketentuan lain. Eloknya, kedua tim pemain dianggap bisa memutuskan sikap akhir. Sehingga bisa bermusyawarah sendiri. Penengah hanya memberi pendapat akhir yang bersifat mutlak. Tidak bisa diganggu gugat lagi. 

Ada etika standar untuk pemain di roundnet, yaitu dilarang bersikap menyebalkan, harus sportif. Tidak menghalangi pemain lain, memberi jalan untuk mengambil bola. Sepintas aneh kan, tapi di situlah letak keseruannya.

Permainan berkembang cepat atau lambat, tergantung tim yang bermain. Bila dimainkan santai, kecepatan bola pantul bisa dikontrol. Bisa diubah, penuh trik dan tipuan,  dengan kecepatan yang seru dan menguras keringat.

Permainan roindnet, terkesan sederhana tapi bisa lebih menguras keringat dan stamina. Nuansa keseruannya, kebersamaan dan ketegangannya tidak kalah, dibandingkan dengan volly pantai, badminton dan olahraga lain yang sudah jauh lebih populer.  Suasana egaliter, lepas bebas dari kungkungan aturan tetapi tetap teratur dan menggairahkan saat dimainkan. Roundnet, membawa  olahraga milenial yang senang menabrak aturan dan sangat  kekinian .

Inilah roundnet, sebuah permainan yang diimpor dari amerika, dan berkembang cepat di tanah air dalam hitungan bulan saja. Mau mencoba? Ayo!

VIDEO PILIHAN