Mohon tunggu...
RIZQI AZIZSRG
RIZQI AZIZSRG Mohon Tunggu... Kkn91

Ilmu komunikasi humas6 Stambuk 2017

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mengasah Public Speaking Selama Karantina

12 Agustus 2020   21:34 Diperbarui: 12 Agustus 2020   21:22 20 0 1 Mohon Tunggu...

Oleh Rizqi Aziz Siregar
Selama pandemi berlangsung banyak masyarakat yang bingung harus melakukan apa. Banyak dari kita juga yang membuang waktu hanya untuk rebahan semata. Saat covid-19 melanda, hendaknya kita mengambil hikmah dan memberikan sesuatu yang menarik untuk banyak orang.

Disini, saya mengajak kalian semua untuk belajar public speaking untuk meningkatkan kepercayaan diri dengan tampil di depan kamera. Kenapa di depan kamera? Karena pada saat seperti ini tidak memungkinkan bagi kita untuk melatih diri di depan banyak orang, terlebih lagi jikalau kita adalah orang yang pemalu dan mudah demam panggung. Nah, disini mari kita coba untuk melatih cara berkomunikasi kita di depan cermin terlebih dahulu, kita harus meyakinkan diri sendiri untuk merasa percaya diri dan yakin pada diri kita bahwa kita bisa dan mampu.

Public Speaking sendiri merupakan komunikasi yang dimaksudkan diri kita untuk berbicara/menyampaikan pesan di depan banyak orang. Public Speaking ini dapat berupa, pidato, ceramah, presentasi, orasi massa, dan masih banyak hal lagi yang merupakan Public Speaking.

Tanpa kita sadari, selama beberapa bulan terakhir, kita hanya bergantung dan menunggu kepastian pemerintah, kapan kita bisa bergerak bebas seperti dahulu lagi. Oleh karena itu, kita harus membangkitkan diri kita, memberikan dan melakukan apa yang mampu kita lakukan selama kita di rumah.

Untuk itu apa salahnya jika kita belajar public speaking untuk meningkatkan kualitas komunikasi kita. Mungkin tak sedikit dari kita yang kurang berinteraksi dengan banyak orang akibat covid-19 ini dan kita di haruskan untuk menjaga social distancing. Teknologi canggih dapat membantu kita untuk mengasah diri kita, Pertama, dengan membuat video diri berpidato singkat untuk menambah kosa kata kita. 

Tanpa kita sadari juga hal itu sangat bermanfaat jika kita menerapkannya terus-menerus. Kedua, membuat inovasi mengenai Public speaking yang bisa kita share melalui sosial media kita. Jadi, sosial media yang kita miliki bisa kita manfaatkan untuk hal-hal bermanfaat

Terkadang, Public speaking dianggap remeh oleh masyarakat, padahal pada hakikatnya jika suara kita ingin di dengar banyak orang, kita harus mengasah cara komunikasi kita dengan belajar public speaking yang baik. Selain itu juga, suara kita juga tidak mudah untuk di dengar oleh itu ada beberapa trik yang bisa menarik perhatian banyak orang, salah satunya adalah kewibawaan kita dan kebijaksanaan kita dalam menyampaikan pesan. 

Seorang leader akan mudah didengar oleh anggotanya karena beliau sudah memiliki suatu hal yang menarik perhatian orang lain, sehingga orang lain ingin mendengar apa yang ia sampaikan. Begitu pula kita, namun dengan cara yang baru, kita menyampaikan pesan dengan Public speaking kita melalui sosial media yang kita miliki dan memanfaatkan media baru serta teknologi canggih untuk hal yang lebih positif lagi.

(Artikel ini ditulis oleh mahasiswa Uinsu, Fakultas Ilmu Sosial, Prodi Ilmu Komunikasi, KKN-DR 91)

VIDEO PILIHAN