Mohon tunggu...
Dr. M. Azhar Alwahid
Dr. M. Azhar Alwahid Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Universitas Ibn Khaldun Bogor

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Masih Mikir Mau Jadi Guru, Inilah Berbagai Jenis Profesi Guru yang Perlu Diketahui

23 Mei 2019   17:40 Diperbarui: 30 Juni 2021   15:51 564
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Berbagai Jenis Profesi Guru yang Perlu Diketahui (unsplsh/green chameleon)

Sejak kecil memang saya bercita-cita ingin menjadi seorang guru, keinginan itu muncul karena terinspirasi dari guru mengaji saya waktu kecil yang selalu bercerita tentang kemuliaan seorang guru dihadapan Allah SWT. Semenjak itu ketika ditanya tentang cita-cita, saya selalu menjawab "guru". 

Dari mulai sekolah dasar sampai perguruan tinggi saya belajar di sekolah yang berada dibawah naungan Departemen Agama, yaitu Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, sampai predikat sarjana yang saya embanpun Sarjana Agama dari Perguruan tinggi di bawah Departemen Agama. 

Ketika kuliah S1 saya mengambil jurusan Pendidikan Agama Islam, Walaupun akhirnya saya tersertifikasi  mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Memang menjadi guru itu berkah walaupun hanya mengajar di sekolah Swasta kecil, Alhamdulillah saya bisa merasakan tunjangan sertifikasi guru dengan penyesuaian golongan (inpasing) III C. 

Dari uang tersebut saya sisihkan untuk melanjutkan kuliah S2 dan S3, Alhamdulillah pula karena mengajar di sekolah Swasta kecil yang waktunya sangat pleksibel, saya bisa kuliah di perguruan tinggi Negeri kelas reguler, sehingga biaya yang saya keluarkan tidak terlalu besar seperti  halnya kelas karyawan. 

Alhamdulillah saya telah menyelesaikan pendidikan di Universitas Negeri Jakarta dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dari pengalaman saya ini, bagi anda yang ingin menjadi guru alangkah baiknya membaca tulisan saya ini sebagai bahan pertimbangan. Mudah-mudahan tulisan ini menjadi pertimbangan anda dalam memilih guru sebagai profesi yang mulia. Berikut ini penjelasannya:

Guru ASN PNS

Guru ASN PNS sekarang ini adalah golongan guru yang paling sejahtera dan banyak mendapatkan fasilitas dari negara. Kalau anda mau jadi Guru golongan ini, anda harus menyiapkan diri untuk ikut tes CPNS yang syararatnya bejibun. Kalau dahulu jaman orang tua saya, anda perlu nyiapin puluhan juta buat meloloskan diri dari tes, agar dapet Nomor Induk Pegawai dari BKN.

Tapi tidak semua juga diterima, karena kalau salah orang yang membawa juga cita-cita anda buat jadi PNS tidak akan tercapai. Tapi sejak jamannya Bapak Presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) banyak CPNS yang masuk murni melalui tes, dan bahkan banyak yang beruntung diangkat jadi PNS lewat Guru Bantu dan Guru kontrak atau guru Honor yang masuk K1 dan K2. 

Tapi sampai sekarang ini juga banyak k2 yang belum diangkat. Kisaran gaji PNS dengan golongan tiga ini sekitar tujuh juta sampai 12 jt perbulan berikut gaji pokok, tunjangan profesi dan tunjangan daerah. cukup menggiurkan bukan. Kalau karir anda bagus anda bisa jadi kepala sekolah sekurang-kurangnya jadi pengawas sekolah. tapi kalau anda beruntung, bisa pindah dari fungsional ke struktural agar bisa jadi kepala Dinas.

 2. Guru ASN PPPK (Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja)

Penerimaan Jenis guru ini baru dilaksanakan oleh pemerintah di tahun 2019 ini. Salah satu tujuannya untuk mengakomodir guru honor k2 yang sampai saat ini belum diangkat jadi PNS. Tapi buat anda yang tidak masuk kategori k2 jangan khawatir tidak bisa daftar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun