Dalam rangka memperingati Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) nomor 14: Life Below Water, mahasiswa Ilmu Komunikasi President University menyelenggarakan kampanye edukatif bertajuk CommStride 2025. Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan dan kelestarian ekosistem laut dalam menghadapi permasalahan sampah plastik.
Kampanye ini dilakukan secara offline dan online untuk menjangkau berbagai segmen masyarakat, bukan hanya menyasar pelajar dan kaum muda. Melalui akun Instagram resmi @commstride, tim pelajar mengunggah konten edukasi tentang pengelolaan sampah, pentingnya kebersihan laut, dan dampak jangka panjang polusi laut terhadap manusia dan ekosistem.
Salah satu aktivitas digital yang paling populer dan menarik adalah tantangan interaktif “Mana Tumblr Lo?” di Instagram Story. Tantangan ini mengajak peserta untuk mengunggah foto mereka yang sedang mengambil kembali tumbler mereka sebagai langkah positif dalam mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan menampilkan templat kampanye khusus yang dirancang oleh tim kampanye.
Kegiatan CommStride 2025 tidak hanya berlangsung di dunia maya, kami juga melakukan roadshow edukatif di 3 sekolah: SMA Negeri 3 Cikarang Utara, SMA Negeri 1 Cikarang Utara, dan SMA Negeri 1 Cikarang Selatan. Pada kesempatan ini, para mahasiswa melakukan sosialisasi mengenai pentingnya menjaga ekosistem laut dari pencemaran limbah plastik dan melaksanakan mini games agar aktivitas pembelajaran terasa lebih menarik.
CommStride 2025 selaku penyelenggara aktif mengimplementasikan clean beach event bertajuk “Sweep the Shore” pada 3 Mei 2025 di Pantai Tanjung Pakis, Karawang. Sweep the Shore ini bukan hanya diikuti oleh mahasiswa, melainkan berkolaborasi dengan sejumlah media partner seperti Berita Event, Event Kampus, GreenWelfare.id, serta berbagai organisasi internal President University seperti President University Student Board.
"Harapan kami diselenggarakannya Sweep the Shore 2025 tidak dimaknai sebagai aktivitas fisik semata. Tetapi, bisa menjadi pendorong untuk aksi sosial berkelanjutan dan ajakan untuk lebih peduli meng-hijau-kan lingkungan, khususnya di laut dan pesisir” jelas ketua pelaksana Sweep the Shore 2025.
Dengan target menjangkau hingga 150 peserta, para mahasiswa dan mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi tidak hanya dituntut untuk menerapkan teori komunikasi, namun turut mendapatkan nilai-nilai keberlanjutan dan tanggung jawab sosial. Sebagai outcome kampanye ini, diharapkan masyarakat yang bergerak aktif nantinya termotivasi agar secara sukarela mengurangi pencemaran plastik di lingkungan hidup terutama pada laut.
CommStride 2025 menjadi bukti bahwa generasi muda dapat menjadi agen perubahan dalam memecahkan masalah lingkungan saat ini dan di masa mendatang.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI